Pemerintah Diminta Gelar Seminar Pengembangan Pariwisata di Kawasan Teluk Cendrawasih

Seminar tersebut akan berdampak positif terhadap pengembangan pariwisata, dan mendongkrak perekonomian masyarakat di sekitar kawasan Teluk Cendrawasih

TRIBUNPAPUABARAT.COM/LIBERTUS MANIK ALLO
SEMINAR - Ketua Yayasan Taruna Cenderawasih, La Abidin saat ditemui awak media di Manokwari, Sabtu (8/10/2022). La Abidin meminta pemerintah menyelenggarakan seminar pengembangan kapasitas masyarakat terkait industri pariwisata. 

TRIBUNPAPUABARAT.COM, MANOKWARI - Yayasan Taruna Cenderawasih meminta agar pemerintah daerah dapat melakukan seminar pengembangan pariwisata di kawasan Teluk Cendrawasih, Provinsi Papua Barat.

Seminar tersebut akan berdampak positif terhadap pengembangan pariwisata, dan mendongkrak perekonomian masyarakat di sekitar kawasan Teluk Cendrawasih.

"Ada rencana pemerintah lakukan sail Teluk Cenderawasih, ya mulai sekarang harus dilakukan pendampingan dan pembinaan berupa seminar terhadap masyarakat di sana," kata Ketua Yayasan Taruna Cenderawasih, La Abidin saat ditemui awak media di Manokwari, Sabtu (8/10/2022).

Baca juga: Mengenal Yayasan Taruna Cenderawasih, Aktif Memberikan Pelatihan Menyelam ke Generasi Muda Papua

Baca juga: Waterfun Alvaro Amban Pantai Manokwari Jadi Tempat Piknik Mengisi Liburan, Berikut Keunggulannya

Dalam seminar, sambung dia, dapat dilakukan pelatihan-pelatihan yang mengarah pada industri pariwisata.

Seperti halnya pelatihan pemandu wisata (Tour Guide), pelatihan menyelam, pelatihan dan membantu warga menyiapkan homestay.

"Walaupun ini memang bukan hanya tugas satu instansi saja, tapi kalau tidak berpikir ke arah sana, nanti pada saat sail Teluk Cenderawasih dampak positif apa yang dirasakan masyarakat," ujar La Abidin.

Baca juga: Selain Raja Ampat, Papua Barat Juga Ada Wisata Teluk Cenderawasih yang Punya Spot Diving

Menurutnya, seminar dan pelatihan untuk kapasitas masyarakat terkait pengelolaan industri pariwisata perlu dilakukan karena banyak potensi pantai yang dapat dikembangkan menjadi destinasi wisata.

Selain itu, kawasan Teluk Cenderawasih mencakup tiga kabupaten yakni Manokwari Selatan, Teluk Wondama dan Nabire yang terkenal dengan spot diving.

"Biasanya penyelam mau mengeksplore keindahan bawah laut," ucap La Abidin.

Baca juga: Tanjung Ayami, Spot Diving di Kabupaten Teluk Wondama yang Kerap Dikunjungi Kapal Pesiar

Menurut dia, pemerintah juga perlu melakukan pembinaan terhadap anak muda dari kawasan Teluk Cendrawasih yang sementara mengenyam pendidik di Kabupaten Manokwari.

Sehingga, anak muda dari kawasan Teluk Cendrawasih memiliki pengetahuan tentang dunia pariwisata dan dapat diaplikasikan usai mengenyam pendidikan.

"Jadi mereka tidak bingung mau buat apa ketika sudah balik ke kampung. Secara otomatis kalau mereka menggeluti dunia pariwisata, berdampak positif bagi perekonomian masyarakat," pungkasnya.(*)

  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved