Wisata Papua Barat

Pesona Wisata Bahari Desa Ugar di Fakfak yang Mirip Raja Ampat, Punya Jejak Arkeologi Prasejarah

Ternyata pemandangan Raja Ampat juga bisa ditemukan di Desa Ugar, Distrik Kokas, Kabupaten Fakfak, Papua Barat juga lho.

(DOK KEMENTERIAN PARIWISATA DAN EKONOMI KREATIF)
Kepulauan Ugar di Fakfak, Papua Barat - Ternyata pemandangan Raja Ampat juga bisa ditemukan di Desa Ugar, Distrik Kokas, Kabupaten Fakfak, Papua Barat juga lho. 

TRIBUNPAPUABARAT.COM - Ternyata ada kawasan wisata Papua Barat lainnya yang memiliki pesona keindahan seperti Raja Ampat.

Kepulauan Raja Ampat telah terkenal sebagai wisata Papua Barat dengan keindahan panorama hingga kekayaan terumbu karang terlengkap di dunia.

Bahkan Raja Ampat wisata Papua Barat dianggap sebagai surga bawah laut tercantik di dunia.

Baca juga: Ada Pulau Mansinam, Ini 5 Wisata Papua Barat di Manokwari yang Tak Kalah Menarik dari Raja Ampat

Memiliki gugusan pulau nan hijau di kelilingi birunya laut, ternyata pemandangan Raja Ampat ini bisa ditemukan di Desa Ugar, Distrik Kokas, Kabupaten Fakfak, Papua Barat juga lho.

Dikutip dari Kompas.com, Desa Ugar memiliki potensi wisata bahari yang begitu besar.

Bahkan Kepulauan Ugar disebut mirip dengan Raja Ampat sebab memiliki gugusan pulau yang serupa, dengan bermacam pulau-pulau kapur (karst) kecil.

Gugusan pulau itu mencakup Pulau Tupir, Katutifmatan, Baras, Rumawain, Sariga, hingga Pasir Timbul.

Jika ingin menikmati keindahannya lebih dekat, pengunjung juga bisa berkeliling deretan pulau dengan berlayar menggunakan perahu fiber.

Uniknya, di pulau-pulau ini bisa ditemukan jejak arkeologi berupa lukisan prasejarah pada dinding-dinding tebing karst, dikutip dari Kompas.com, Jumat (14/10/2022).

Kepulauan Ugar di Fakfak, Papua Barat.
Kepulauan Ugar di Fakfak, Papua Barat. ((DOK KEMENTERIAN PARIWISATA DAN EKONOMI KREATIF))

Yang menarik lainnya, Desa Ugar menduduki Juara Harapan Satu sebagai Desa Wisata Maju Terbaik ADWI 2022.

Dikutip dari kemenparekraf.go.id, Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) memberikan apresiasi kepada masyarakat penggerak sektor pariwisata dalam upaya percepatan pembangunan desa, mendorong transformasi sosial, budaya, dan ekonomi desa.

Wisata Sejarah

Selain wisata bahari, Kampung Ugar juga memiliki masjid tua bersejarah yang tepatnya berlomasi di semenanjung Papua, yaitu Masjid Tua Patimburak.

Baca juga: Mirip Wisata Papua Barat Raja Ampat, Yuk Intip Keindahan Teluk Triton di Kaimana

Masjid yang menjadi salah satu pusat agama Islam di wilayah tersebut adalah salah satu peninggalan sejarah Islam di Papua.

Halaman
1234
  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved