Polres Manokwari Turun ke Lokasi, Pekerja Tambang Emas Ilegal Kabur Berhamburan

Pekerja tambang emas ilegal di Kampung Wasirawi, Distrik Masni, Kabupaten Manokwari, Papua Barat, kabur saat Polres Manokwari gelar operasi.

Penulis: Safwan Ashari | Editor: Roifah Dzatu Azmah
(TribunPapuaBarat.com/Safwan Ashari)
TAMBANG ILEGAL - Pekerja tambang emas ilegal di Kampung Wasirawi, Distrik Masni, Kabupaten Manokwari, Papua Barat, ditangkap dan digiring ke ruang penyidik Polres Manokwari, Selasa (22/11/2022). Nantinya para pekerja diperiksa perihal kegiatan di lokasi tambang emas ilegal. 

TRIBUNPAPUABARAT.COM, MANOKWARI - Sejumlah pekerja tambang emas ilegal di Kampung Wasirawi, Distrik Masni, Kabupaten Manokwari, Papua Barat, kabur saat Polres Manokwari gelar operasi.

Diketahui, operasi penegakan hukum yang dipimpin Kapolres Manokwari AKBP Parasian Herman Gultom, dilaksanakan pada Jumat (18/11/2022) hingga Selasa (22/11/2022) lalu.

"Saat kami di sana hampir semua penambang melarikan diri di lokasi pertambangan," ujar Gultom, kepada TribunPapuaBarat.com, Kamis (24/11/2022).

Baca juga: Polisi Lakukan Pemeriksaan Maraton ke 46 Pekerja Tambang Ilegal di Manokwari: Bos Belum

Gultom mengaku, saat petugas berada di lokasi tidak ada orang sama sekali.

"Target awalnya kemarin hanya dua titik, namun dia berkembang dari muara sampai naik ke atas," tuturnya.

Hanya saja banyak yang melarikan diri saat petugas turun ke lokasi.

"Kita hanya berhasil menangkap 46 pekerja tambang emas ilegal, dan saat ini masih dilakukan pemeriksaan intensif," pungkasnya.

46 Pekerja Tambang Diperiksa

Sebelumnya, Polres Manokwari telah melakukan pemeriksaan terhadap 46 pekerja tambang emas ilegal di Kampung Wasirawi, Distrik Masni, Kabupaten Manokwari, Papua Barat.

Hal itu diungkapkan Kapolres Manokwari AKBP Parasian Herman Gultom.

"Kita sudah melakukan pemeriksaan untuk menentukan status dari semua pekerja tambang itu," ujar Gultom, kepada TribunPapuaBarat.com, Kamis (24/11/2022).

Baca juga: Penyidik Polres Manokwari Periksa 46 Pekerja Tambang Emas Ilegal 9 Jam

TAMBANG ILEGAL - Pekerja tambang emas ilegal di Kampung Wasirawi, Distrik Masni, Kabupaten Manokwari, Papua Barat, ditangkap dan digiring ke ruang penyidik Polres Manokwari, Selasa (22/11/2022). Nantinya para pekerja diperiksa perihal kegiatan di lokasi tambang emas ilegal.
TAMBANG ILEGAL - Pekerja tambang emas ilegal di Kampung Wasirawi, Distrik Masni, Kabupaten Manokwari, Papua Barat, ditangkap dan digiring ke ruang penyidik Polres Manokwari, Selasa (22/11/2022). Nantinya para pekerja diperiksa perihal kegiatan di lokasi tambang emas ilegal. ((TribunPapuaBarat.com/Safwan Ashari))

Nantinya, jajarannya akan melakukan gelar perkara terkait aktivitas dari 46 pekerja tambang emas ilegal.

"Pastinya setelah gelar status dari para pelaku nanti akan ditetapkan apakah naik jadi tersangka atau tidak," tuturnya.

Sementara, tim Reskrim Polres Manokwari telah melakukan pemeriksaan maraton kepada 46 pekerja tambang.

Halaman
12
  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved