Provinsi Papua Barat Daya

Sosok Muhammad Musa’ad yang Jadi Pj Gubernur Papua Barat Daya di Mata Ketua LMA Malamoi

Nama Muhammad Musa’ad ramai dibicarakan beberapa hari terakhir hingga dilantik sebagai Pj Gubernur Papua Barat Daya

Penulis: Petrus Bolly Lamak | Editor: Tarsisius M
TRIBUNPAPUABARAT.COM/PETRUS BOLLY LAMAK
LMA MALAMOI: Ketua Lembaga Masyarakat Adat (LMA) Malamoi Silas Ongge Kalami mendukung Muhammad Musa’ad yang dilantik menjadi Penjabat Gubernur provinsi Papua Barat Daya, Jumat (9/12/2022). 

TRIBUNPAPUABARAT.COM, SORONG – Ketua Lembaga Masyarakat Adat (LMA) Malamoi, Silas Ongge Kalami, mengaku mengenal Muhammad Musa’ad meskipun bertemu secara langsung.

Nama Muhammad Musa’ad ramai dibicarakan beberapa hari terakhir hingga dilantik sebagai Pj Gubernur Papua Barat Daya pada Jumat (9/12/2022).

Menurut Silas Ongge Kalami, Muhammad Musa’ad merupakan sosok intelektual Papua.

Ia mengaku sudah selesai kuliah saat Muhammad Musa’ad mengajar di Universitas Cendrawasih (Uncen), Papua.

“Pak Muhammad Musa’ad saya kenal dia dulu dosen Uncen. Waktu dia jadi dosen, saya sudah selesai kuliah,” ujar Silas Ongge Kalami.

Baca juga: Profil Muhammad Musa’ad, Pj Gubernur Papua Barat Daya Pria Kelahiran Fakfak Punya Karier Lengkap

Ia berujar, Muhammad Musa’ad merupakan sosok intelektual Papua yang sudah banyak memberikan kontribusi baik di birokrasi maupun akademisi.

“Kalau ketemu langsung belum, tapi namanya sudah sering dengar, Dia (Muhammad Musa’ad) banyak berikan kontribusi untuk Tanah Papua,” katanya. 

Karena itu, ucapnya, LMA Malamoi akan mendukung Pj Gubernur Papua Barat Daya tersebut.

“Kami tentu mendukung penuh kebijakan yang diambil oleh pemerintah pusat untuk melantik Bapak Muhammad Musa’ad sebagai Pj Gubernur PBD,” katanya kepada TribunPapuaBarat.com, Sabtu (9/12/2022).

Ia meminta agar Pj Gubernur PBD itu tidak berdiri di satu kelompok kepentingan, melainkan netral dan bijak dalam menjalankan roda pemerintahan di Papua Barat Daya.

“Perjuangan PBD ini kan (atas kerja) banyak kelompok-kelompok. Jadi Pj yang datang harus bijak jangan memihak di satu kelompok kepentingan,” Ketua LMA Malamoi itu.

Baca juga: Link Live Streaming Nonton Peresmian dan Pelantikan Pj Gubernur Papua Barat Daya

Ia menegaskan elite politik maupun kelompok-kelompok kepentingan untuk tidak menggiring pemerintahan saat ini apalagi sampai mengintervensi penyelenggaraan pemerintahan baru.

PENJABAT - Dr. Drs. Muhammad Musa’ad, M.Si, sosok yang dikabarkan ditunjuk menjabat sebagai Penjabat (Pj) Gubernur Papua Barat Daya.
PENJABAT - Dr. Drs. Muhammad Musa’ad, M.Si, sosok yang dikabarkan ditunjuk menjabat sebagai Penjabat (Pj) Gubernur Papua Barat Daya. (Laman Resmi Pemprov Papua)

Jika ada masukan, ucapnya, bisa disampaikan melalui forum demokrasi yang baik. Pemilu 2024 merupakan forum tepat untuk para elite politik bersaing sehat.

“Jangan menekan pemerintahan yang sekarang. Biarkan Pj sekarang ini mengatur dan menyiapkan pemerintahan defenitif."

"Kalau mau bersaing, silakan lewat partai-partai politik atau organisasi sosial lain. Jangan ganggu pemerintahan sekarang,” kata Silas Ongge Kalami.

“Orang-orang di luar pemerintahan itu jangan atur-atur pemerintahan. Ini kan pemerintahan sementara, biarkan Pj menyiapkan semua dengan baik,” ujar Ketua LMA Malamoi tersebut.

 

 

 

  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved