Natal dan Tahun Baru di Papua Barat

Paulus Waterpauw dan Hermus Indou Hadir Natal Bersama Pemprov Papua Barat dengan Masyarakat

Pemprov Papua Barat menggelar Natal Bersama ruang lingkup Pemprov Papua Barat dan masyarakat, pada Rabu (28/12/2022) malam

TRIBUNPAPUABARAT.COM/KRESENSIA KURNIAWATI MALA PASA
NATAL BERSAMA - Suasana Natal bersama lingkup Pemprov Papua Barat dan masyarakat di GOR Sanggeng, Manokwari, Papua Barat, Rabu (28/12/2022) malam. 

TRIBUNPAPUABARAT.COM, MANOKWARI - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Papua Barat menggelar Natal Bersama ruang lingkup Pemprov Papua Barat dan masyarakat, pada Rabu (28/12/2022) malam.

Panitia menyulap Gelanggang olahraga (GOR) Sanggeng menjadi panggung Natal megah sebagai tempat perhelatan Natal Bersama.

Dimulai sekira pukul 18.00 WIT, ibadah perayaan Natal bersama itu dihadiri para pejabat tinggi Pemprov Papua Barat, anggota TNI dan Polri, serta masyarakat umum.

Baca juga: Wujud Toleransi di tanah Papua, Seorang Muslim Ketuai Natal Bersama Manokwari Holland Club

Termasuk Penjabat Gubernur Papua Barat, Paulus Waterpauw, Kapolda Papua Barat, Irjen Pol Daniel Tahi Monang Silitonga; Bupati Manokwari, Hermus Indou, dan lainnya.

Gema tembang pujian Natal silih berganti sepanjang ibadah Natal bertajuk sub tema, 'Natal Mempererat Persaudaraan dalam Keberagaman Suku, Agama, Ras dan Antar Golongan di Provinsi Papua Barat, Menciptakan Bangsa yang Kuat dan Tangguh'.

Asisten II Bidang Ekonomi Pembangunan, Sekretariat Daerah (Setda) Provinsi Papua Barat, Melkias Werinussa, mengungkapkan, perayaan Natal bersama merupakan agenda rutin tiap tahun.

"Kita mau menunjukkan bahwa inilah Papua Barat, negeri yang aman untuk semua umat beragama," tutur Melkias Werinussa sekaligus ketua panitia Natal bersama Pemprov Papua Barat kepada TribunPapuaBarat.com.

Baca juga: Uskup Hilarion Datus Lega Beri Pesan Natal 2022: Tanggapi Iman dan Berbagi

Melkias menerangkan, panitia dibentuk mulai Jumat (23/12/2022) lalu.

Namun pengerjaannya mulai dari dekorasi, susunan acara hingga konsumsi dirampungkan dalam kurun tiga hari terakhir.

Ia membeberkan, ibadah Natal bersama Pemprov Papua Barat dan masyarakat pada malam ini, tak mengikuti liturgi secara utuh.

Melainkan didesain sebagai persembahan puji-pujian, penampilan drama Natal, doa dan khotbah yang dipimpin Pendeta Jhon Bunai dari Jayapura, Papua.

"Kita undang Papua Original dan Joan Idol dari Jakarta untuk menyanyi di sini. Termasuk paduan suara dari Kodam XVIII/Kasuari juga ikut bernyanyi," urai Melkias.

Baca juga: Unik, Warga di Kota sorong Buat Pohon Natal Berbahan Limbah Bungkus Rokok Kretek

Ia blak-blakan menyebut, panitia Natal bersama Pemprov Papua Barat sengaja memilih GOR Sanggeng untuk mengakomodasi tamu yang awalnya diperkirakan 3.000 orang.

Lantaran menurut dia, melalui momen Natal ini dipandang sebagai kesempatan emas menyerukan semangat persaudaraan.

Sehingga, kehidupan bermasyarakat Papua Barat ditopang oleh tiga pilar utama yaitu lintas agama, lintas pihak dan lintas sektor.

(*)

 

  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved