DLHP Manokwari Ajak Kelurahan Pantau Kinerja Petugas Kebersihan Jalan Raya

"Sebab, kurangnya pengawasan membuat para penyapu jalan tidak bekerja dengan baik," kata Jhon Fonataba kepada awak media, Sabtu (14/01/2023)

TRIBUNPAPUABARAT.COM/MARVIN RAUBABA
KEBERSIHAN JALAN - Kepala Bidang Persampahan dan Limbah B3 DLHP Manokwari, Jhon Fonataba saat ditemui awak media di ruang kerjanya, Kamis (12/01/2023). 

TRIBUNPAPUABARAT.COM, MANOKWARI - Dinas Lingkungan Hidup dan Pertanahan (DLHP) Kabupaten Manokwari akan melakukan pembenahan terhadap pengawasan bagi petugas kebersihan jalan raya yang jumlahnya mencapai 120 orang.

Kepala Bidang Persampahan dan Limbah B3 DLHP Manokwari, Jhon Fonataba menjelaskan, pembenahan itu dilakukan dengan mengembalikan pengawasan kepada setiap kelurahan yang berada di wilayah perkotaan.

"Sebab, kurangnya pengawasan membuat petugas kebersihan jalan raya tidak bekerja dengan baik," kata Jhon Fonataba kepada awak media, Sabtu (14/1/2023).

Baca juga: DLHP Manokwari Sebut Pembangunan TPA Baru Terapkan Metode Sanitary Renville

Baca juga: Bawaslu Sebut Kabupaten Manokwari Sebagai Daerah Rawan Pemilu

Ia menyebut, perjanjian kerja DLHP dengan petugas kebersihan jalan raya yakni tiga hari kerja dalam seminggu.

Tetapi, kebanyakan petugas kebersihan jalan raya tidak melaksanakan tugas dan DLHP sulit untuk memutuskan perjanjian kerja dengan petugas kebersihan jalan raya tersebut.

"Maka dari itu kita rencanakan untuk setiap kelurahan yang mengawasi, sedangkan gajinya tetap dari kami (DLHP)," ungkapnya.

Baca juga: Bupati Manokwari Sebut Lima Proyek Strategis Siap Dikerjakan Tahun Ini

Baca juga: Pemkab Manokwari Siapkan Dana Rp 60 Miliar Dukung Pelaksanaan Pemilu 2024  

Ia menilai, rendahnya kinerja petugas kebersihan jalan raya disebabkan tidak adanya aturan yang digunakan sebagai landasan hukum.

Selain bekerja tiga kali dalam seminggu, jam kerja petugas kebersihan jalan raya di Manokwari hanya dua jam yakni pukul 6.00 sampai 8.00 WIT.

Jhon mengungkapkan, upah untuk satu petugas kebersihan jalan raya adalah Rp 1,5 juta per bulan.

"Dengan gaji itu diharapkan pekerjaannya bisa dilakukan dengan maksimal," tutur dia.

Baca juga: Asosiasi Pedagang Minta Pemkab Manokwari Sediakan Pengamanan di Pasar Wosi

Baca juga: Pemkab Manokwari Komitmen Hibahkan Lahan Bagi Papua Muda Inspiratif, Untuk Bangun PYCH

Untuk itu, DLHP Manokwari telah menyiapkan surat undangan kepada setiap kepala kelurahan di Distrik Manokwari Barat dan Timur.

Jika penataan pengawasan petugas kebersihan jalan raya dilakukan secara maksimal, maka dipastikan tahun 2024, setiap kelurahan akan mengelola gaji petugas kebersihan jalan raya.

"Sebelumnya, wewenang pengawasan penyapu jalan di Manokwari dikembalikan kepada kelurahan berdasarkan permintaan masing-masing lurah di Kota Manokwari," pungkasnya.(*)

  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved