Dinas PUPR Papua Barat

Warga Mansinam Apresiasi Dinas PUPR Papua Barat Revitalisasi Situs Religi: Perdana Sejak Dibangun

Warga Mansinam Apresiasi Dinas PUPR Papua Barat Revitalisasi Situs Religi, Perdana Sejak Dibangun warga berterimakasih kepada Pj gubernur

TribunPapuaBarat.com//Kresensia Kurniawati Mala Pasa
PULAU MANSINAM - Warga dan para pegawai Dinas PUPR Papua Barat gotong royong merevitalisasi tugu selamat datang di Pulau Mansinam, Manokwari, Papua Barat, Senin (16/1/2023) siang 

TRIBUNPAPUABARAT.COM, MANOKWARI - Pemerintah Provinsi Papua Barat melalui Dinas Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat (PUPR) Papua Barat merevitalisasi situs religi di Pulau Mansinam, Kabupaten Manokwari.

Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas PUPR Yohanis Momot mengatakan, revitalisasi situs religi itu sebagai persiapan hari Pekabaran Injil ke-168 di Tanah Papua pada Minggu (5/2/2023).

Pulau Mansinam menjadi pusat perayaan Pekabaran Injil karena pada 5 Februari 1855,  misionaris asal Jerman Carl Wilhelm Ottow dan Johann Gottlob Geissler, pertama kali menyebarkan misi evangelis Kristen Protestan di Bumi Cenderawasih dimulai dari Mansinam.

Baca juga: Sumur Tua di Pulau Mansinam Manokwari Digali Pakai Tempurung Kelapa, Airnya Tawar Meski Dekat Pantai

Baca juga: Setiap Minggu Pagi, Tidak Ada Taksi Laut bagi Wisatawan ke Pulau Mansinam Manokwari, Ini Alasannya

"Selama 15 hari ke depan, kita akan fokus membenahi situs religi di Pulau Mansinam," kata Yohanis Momot kepada TribunPapuaBarat.com di Manokwari, Senin (16/1/2023) siang.

Ia mengatakan, revitalisasi dilakukan pada tugu selamat datang dan gedung gereja.

Atap dan plafon yang rusak, ubin yang retak bakal diganti, serta warna tembok yang memudar akan dicat ulang.

Ruang tunggu dermaga penyebrangan di Pulau Mansinam pun akan direnovasi.

Sementara pembersihan pekarangan akan dilakukan di sepanjang Pulau Mansinam, termasuk di sumur tua dan museum Pekabaran Injil.

Hal itu dilakukan karena, semua mata akan tertuju ke Pulau Mansinam pada 5 Febuari mendatang.

"Untuk kebersihan pulau kita serahkan kepada warga Mansinam, supaya masyarakat juga dilibatkan. Kita bantu dengan peralatan dan operasional lain," ujar Yohanis Momot.

Menanggapi hal tersebut, Kepala Kampung Mansinam, Wilhelmina Rumsayor, berterima kasih kepada Pj Gubernur Papua Barat Paulus Waterpauw dan Dinas PUPR Papua Barat.

Wilhelmina Rumsayor mengaku, revitalisasi situs religi di Pulau Mansinam perdana dilakukan tahun ini, sejak dibangun pada 2012 dan diresmikan pada 2014.

"Tong (kita) tidak sangka-sangka kalau pemerintah bisa turun langsung bantu tong di pulau (Mansinam)," ucap Wilhelmina Rumsayor.

Ia bilang, revitalisasi situs religi merupakan momen paling dinanti masyarakat Pulau Mansinam.

Selama ini warga hanya mampu menjaga kebersihan lingkungan dan tak berdaya memperbaiki kerusakan, lantaran kekurangan dana.

Di tugu selamat datang, misalnya, karena seng telah bocor, lantai akan digenangi air saat turun hujan.

Padahal, ucapnya, di tugu selamat datang itulah, jemaat biasanya beribadah ketika berkunjung ke Pulau Mansinam.

"Pak Gubernur (Paulus Waterpauw) dan Kadis PUPR (Yohanis Momot) datang lihat hari Sabtu kemarin, dan hari ini sudah langsung eksekusi pekerjaan," pungkas Wilhelmina Rumsayor.

(*)

  • Tribun Shopping

  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved