Pj Bupati Maybrat Bahas Masyarakat Eksodus dengan Kemenko PMK dan Kemenko Polhukam

Menurut Bernhard E Rondonuwu, pertemuan bertujuan untuk membahas dukungan soal pemulangan masyarakat eksodus di wilayah Aifat Selatan dan Aifat Timur

Editor: Tarsisius M
Dokumentasi Humas Maybrat
Pj Bupati Maybrat, Bernhard E Rondonuwu, mendatangi Kantor Kemenko PMK, Jumat (20/1/2023). 

TRIBUNPAPUABARAT.COM - Pj Bupati Maybrat, Bernhard E Rondonuwu, mendatangi Kantor Kemenko PMK.

Didampingi Kadis PU Kabupaten Maybrat, Bernhard Rondonuwu diterima oleh Deputi dan Asdep bidang Mitigasi Bencana dan Konflik Sosial.

Turut hadir Asisten Deputi Koordinasi Otonomi Khusus dan Asisten Deputi Pemajuan dan Perlindungan Hak Asasi Manusia Kemenko Polhukam.

Menurut Bernhard E Rondonuwu, pertemuan bertujuan untuk membahas dukungan soal pemulangan masyarakat eksodus di wilayah Aifat Selatan dan Aifat Timur Raya.

Dalam kesempatan itu, Pj Bupati Maybrat memaparkan kondisi Kabupaten Maybrat dan rencana pemulangan masyarakat eksodus yang tersebar di daerah Sorong Raya.

Baca juga: Koordinator Koalisi Kemanusiaan Konflik Maybrat Sebut Pengungsi Menanti Bantuan, Sentil Komnas HAM

Beberapa kendala antara lain penyediaan bahan makanan untuk warga eksodus dan petugas keamanan, rehabilitasi rumah dan fasilitas umum yang sudah mulai rusak.

Ada juga pembahasan mengenai rekronstruksi jalan di wilayah Aifat Selatan dan Aifat Timur Raya.

Lalu, Pj Bupati Maybrat juga menjelaskan mengenai upaya dan peran pemda dan jajaran Forkopimda soal pemulangan beberapa masyarakat eksodus itu.

Baca juga: Danau Uter hingga Framu, Ini Daftar Wisata Papua Barat di Maybrat yang Asik untuk Berenang

Mereka antara lain ada di Kampung Kisor dan Kampung Kamat.

"Sejauh ini, pemda telah melakukan pendataan terkait jumlah masyarakat eksodus, kerusakan rumah, kebutuhan pokok, dan lainnya," kata Bernhard Rondonuwu.

Ia mengaku mendapatkan respons baik dari Kemenko PMK dan Kemenko Polhukam serta siap mendukung penyaluran bantuan dengan pembahasan lebih lanjut dalam waktu dekat.

  • Tribun Shopping

  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved