Breaking News:

Soekarno, Pahlawan Nasional dan Bapak Proklamasi yang Rumuskan Pancasila

Soekarno merupakan presiden pertama Republik Indonesia, sekaligus yang merumuskan Pancasila sebagai dasar (ideologi) NKRI.

Kompas.com/SONG
Presiden pertama RI, Soekarno 

TRIBUNPAPUABARAT.COM - Kemerdekaan Indonesia tak bisa lepas dari sosok pahlawan nasional, Soekarno.

Soekarno merupakan presiden pertama Republik Indonesia, sekaligus yang merumuskan Pancasila sebagai dasar (ideologi) Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Bahkan Soekarno juga menghimpun bangsa-bangsa di Asia, Afrika, dan Amerika Latin melalui Konferensi Asia Afrika di Bandung pada 1955.

Kelahiran

Dalam buku Bung Karno Penyambung Lidah Rakyat Indonesia (1984) karya Cindy Adams, Soekarno dilahirkan pada 6 Juni 1901 di Surabaya.

Soekarno merupakan anak kedua dari Raden Soekemi Sosrodihardjo dan Ida Ayu Nyoman Rai. Dia memiliki satu orang kakak perempuan bernama Raden Soekarmini.

Pada awal kelahirannya, Soekarno diberi nama Kusmo Sosrodihardjo. Karena semasa kecil sering sakit-sakitan akhirnya namanya diubah menjadi Soekarno saat berusia lima tahun. Nama tersebut diambil dari cerita pewayangan, yakni Karna.

Soekarno lahir dari perpaduan antara bangsawan kelas priyayi dari sang ayah dan keluarga Brahmana dari sang ibu yang taat beribadah. Sehingga membuat Soekarno memiliki kultur dan kepercayaan yang kuat.

Baca juga: Frans Kaisiepo, Pahlawan Nasional yang Berjuang Satukan Papua ke Indonesia Pasca-Proklamasi

Pendidikan

Dilansir dari buku Soekarno Hatta Ada Persamaan dan Perbedaannya (1983) karya Tamar Djaya, pada 1907 Soekarno masuk sekolah dasar atau Sekolah Rakyat (SR) di Tulung Agung bersama kakeknya.

Halaman
123
Editor: Astini Mega Sari
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved