Breaking News:

Sosok Soepomo, Pahlawan Nasional yang Ikut Rumuhkan Pancasila dan UUD 1945

Dr. Soepomo adalah sosok pahlawan nasional yang menjadi satu di antara perumus dasar negara yakni Pancasila dan ikut menyusun UUD 1945.

Biografi Prof. Mr. Dr. R. Supomo (1977) via Kompas.com
Soepomo di ruang kerjanya sebagai Duta Besar RI untuk Inggris di London. 

TRIBUNPAPUABARAT.COM - Dr. Soepomo adalah sosok pahlawan nasional yang menjadi satu di antara perumus dasar negara yakni Pancasila.

Ia juga ikut menyusun Undang-undang Dasar 1945.

Dikutip dari Biografi yang disusun Direktorat Jenderal Kebudayaan, Soepomo lahir di Sukoharjo, Jawa Tengah pada 22 Januari 1903.

Meski berasal dari kota kecil, Soepomo lahir dari keluarga yang terpandang di sana. Ia adalah putra pertama Raden Tumenggung Wignyodipuro, pejabat Bupati Anom Inspektur Hasil Negeri Kasunanan Surakarta Hadiningrat.

Kakeknya, KRT Reksowadono, adalah Bupati Sukoharjo.

Kendati terlahir ningrat, Soepomo tak memiliki jiwa feodal seperti keluarga kepala daerah umumnya. Ia digambarkan sebagai anak yang sederhana dan rendah hati.

Baca juga: Pahlawan Nasional Jenderal Soedirman, Panglima di Masa Revolusi Nasional yang Gerilya Lawan Belanda

Berprestasi di Sekolah

Sebagai anak bangsawan, Soepomo mendapat kehormatan untuk bersekolah di sekolah dasar untuk anak-anak Belanda dan bangsawan yakni Europeesche Lagere School di Solo.

Soepomo menamatkan sekolah pada 1917, di usia yang cukup muda yakni 14 tahun. Ia kemudian melanjutkan sekolah ke tingkat berikutnya di Meer Uitgebreid Lager Onderwijs (MULO) yang ada di Solo juga.

Soepomo remaja menamatkan sekolah pada 1920 dengan prestasi yang gemilang. Di sekolah ini pula, Soepomo bertemu dengan Raden Ajeng Kushartati, gadis keraton yang kelak menjadi istrinya.

Halaman
1234
Editor: Astini Mega Sari
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved