Ini Cara Menghitung Biaya Pajak Kendaraan

Besaran pajak kendaraan setiap tahunnya dikenakan sesuai dengan jenis kendaraan dan kapasitas mesin.

(Kompas.com/Dio)
Contoh STNK Toyota C-HR Hybrid atas nama perusahaan - Besaran pajak kendaraan setiap tahunnya dikenakan sesuai dengan jenis kendaraan dan kapasitas mesin. 

TRIBUNPAPUABARAT.COM - Besaran pajak kendaraan setiap tahunnya dikenakan sesuai dengan jenis kendaraan dan kapasitas mesin.

Faktor yang mempengaruhi besaran pajak kendaraan bermotor (PKB) di antaranya, Nilai Jual Objek Pajak (NJKB), tarif pajak, serta Sumbangan Wajib Dana Kecelakaan Lalu Lintas Jalan (SWDKLLJ).

Dijelaskan oleh Kepala Seksi Pajak Kendaraan Bermotor Samsat Surakarta Nandika Wahyu Candra, besaran pajak kendaraan bermotor yang harus dibayarkan bisa saja dilihat dari STNK, namun itu hanya untuk patokan saja.

Baca juga: Viral Video Pengendara Motor Ketuk Kaca Mobil lalu Minta Uang, Pelaku Disebut Kesal jika Tak Diberi

"Dilihat dari STNK sebenarnya bisa, tapi hanya sebagai patokan saja. Karena ada beberapa faktor yang bisa saja berubah dan mempengaruhi besarnya pajak. Kalau yang dari STNK kan yang tertulis pajak tahun sebelumnya, jadi hanya bisa untuk patokan saja," kata Nandika kepada Kompas.com belum lama ini.

Penghitungan pajak kendaraan diperlukan rumus tertentu. Agar lebih mudah dalam mengetahui besaran pajak kendaraan, pemilik bisa melakukan cek pajak kendaraan secara online.

Cek pajak kendaraan di berbagai daerah kini sudah bisa dilakukan secara daring. Dengan cek pajak kendaraan online, maka pemilik kendaraan bisa mengetahui besaran tarif pajak yang harus dibayarkan.

Selain lewat website resmi, beberapa daerah juga sudah menyediakan aplikasi cek pajak kendaraan online yang bisa diunduh di ponsel.

Baca juga: Sedang Menolong Pengendara Motor Mogok, 2 Pria di Lamongan Ini Justru Ditodong Pisau

Baca juga: Viral Aksi Pengendara Motor Ketuk Pintu Mobil dan Minta Uang, Ini Kata Polisi

Syaratnya pun juga tidak terlalu sulit, wajib pajak cukup menyiapkan nomor polisi kendaraan yang akan dibayarkan pajaknya dan siapkan NIK yang sesuai dengan STNK.

Untuk mengetahui besaran pajak kendaraan yang harus dibayarkan, pemilik kendaraan cukup memasukkan nomor polisi dan NIK pemilik kendaraan dalam situs cek STNK online.

Tangkapan layar halaman Samsat Jatim untuk mengetahui besaran pajak kendaraan
Tangkapan layar halaman Samsat Jatim untuk mengetahui besaran pajak kendaraan ((Samsat Jatim))

Kemudian akan secara otomatis informasi mengenai kendaraan dalam STNK serta jumlah pajak kendaraan yang harus dibayarkan akan ditampilkan.

Halaman
1234
Sumber: Kompas.com
  • Ikuti kami di
    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved