TNI AL Ungkap Fungsi Benda Mirip Rudal Made in USA yang Ditemukan Nelayan: Alat Survey Bawah Air

TNI AL memberikan penjelasan terkait benda mirip rudal yang ditemukan di Desa Kembangragi, Kecamatan Pasimasunggu, Kabupaten Selayar, Sulawesi Selatan

Tribun Timur/Muslimin Emba
Danlantamal VI Laksamana Pertama TNI Dr Benny Sukandari dan jajarannya dalam rilis terkait benda mirip rudal di atas KRI Fatahillah, saat sandar di dermaga Fasharkan Makassar, Sabtu (19/2/2022). 

TRIBUNPAPUABARAT.COM - TNI AL memberikan penjelasan terkait benda mirip rudal yang ditemukan di Desa Kembangragi, Kecamatan Pasimasunggu, Kabupaten Selayar, Sulawesi Selatan (Sulsel). 

Benda mirip rudal berlogo bendera Amerika Serikat itu disebut bukanlah rudal melainkan Side Scan Sonar.

Awalnya, benda mirip rudal itu, awalnya ditemukan seorang nelayan yang sedang mencari umpan di tepi pantai pada 9 Februari lalu. 

Benda itu, memiliki panjang panjang 118 cm, berat 9,1 kilogram, dan diameter 40 cm.

Ternyata, benda serupa juga pernah di temukan di sekitar lokasi tersebut pada 10 tahun yang lalu. 

"Kedua unit alat yang mempunyai berat masing-masing kurang lebih 5 Kg tersebut, diantaranya satu unit berwarna hijau yang ditemukan oleh nelayan setempat Bernama Arifin Lewa pada tanggal 09 Februari 2022," ungkap Kepala Dinas Penerangan (Kadispen) Lantamal VI, Makassar, Kapten Laut (KH) Suparman Sulo, dikutip dari Tribun Timur

"Dan satu unit berwarna orange yang ditemukan sejak kurang lebih 10 tahun yang lalu."

Keduanya, ditemukan di lokasi yang berdekatan dan sama-sama berlogo bendera Amerika Serikat dan bertuliskan Made In USA.

Kini, benda tersebut tengah dalam pengawasan TNI AL dan sudah dievakuasi oleh KRI Fatahillah. 

Benda itu sampai di Dermaga Fasharkan, Kota Makassar, Sabtu pagi tadi dan langsung diserah-terimakan dari Komandan Guskamla (Danguskamla) Koarmada II Laksamana Pertama TNI I Gung Putu Alit Jaya, kepada Komandan Lantamal VI (Danlantamal VI) Laksamana Pertama TNI Dr Benny Sukandari, di atas geladak Buritan KRI Fatahillah-361.

Side Scan Sonar

Benny Sukandari, memastikan bahwa alat itu bukanlah rudal. 

"Saya yakinkan alat ini bukan rudal akan tetapi alat Side Scan Sonar (SSS)," katanya di dermaga Fasharkan Makassar, Kota Makassar, Sulsel Sabtu (19/2/2022).

Dijelaskan bahwa alat itu merupakan alat pengumpul data yang bisa dikontrol dari jarak jauh. 

Halaman
123
  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved