Syarat dan Cara Daftar Rekrutmen Taruna TNI AL, akan Dibuka April Ini

Pendaftaran penerimaan calon Tentara Nasional Indonesia Angkatan Laut (TNI AL) jalur Taruna Akademi Angkatan Laut (AAL) telah dibuka.

radarmiliter
Aksi Kopaska TNI AL dengan boat 

TRIBUNPAPUABARAT.COM - Pendaftaran penerimaan calon Tentara Nasional Indonesia Angkatan Laut (TNI AL) jalur Taruna Akademi Angkatan Laut (AAL) telah dibuka.

Dalam info laman resmi rekrutmen TNI Angkatan Laut, pendaftaran secara daring dibuka pada 25 April hingga 27 Mei 2022.

Bagi calon peserta harus melakukan daftar ulang atau validasi yakni selama 4 sampai 27 Mei 2022 di lokasi panitia daerah (panda) yang telah ditentukan.

Baca juga: Viral Detik-detik Video Emak-emak Hajar Maling, Banting dan Lumpuhkan Pelaku hingga Pasrah

Pendaftaran calon Taruna AAL dibuka bagi seluruh warga negara Indonesia (WNI) dengan pendidikan minimal SMA atau sederajat.

Bagi yang ingin mengikuti seleksi, ada sejumlah syarat dan tata cara yang harus dipenuhi. \

Syarat calon

1. WNI, pria/wanita, beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, setia kepada NKRI yang berdasarkan Pancasila dan UUD 1945, bukan pegawai negeri sipil (PNS).

2. Tinggi badan sekurang-kurangnya 165 cm untuk calon taruna dan 160 cm untuk calon taruni dengan berat seimbang.

3. Berusia maksimal 22 tahun dan sekurang-kurangnya 17 tahun 9 bulan pada saat pembukaan Dikma (pendidikan pertama) 1 Agustus 2022.

4. Berijazah SMA/MA program IPA, dengan ketentuan nilai UAN sebagai berikut:

  • Lulusan SMA/MA tahun 2017 jurusan IPA dengan nilai UN rata-rata minimal 47,00;
  • Lulusan SMA/MA tahun 2018 jurusan IPA dengan nilai UN rata-rata minimal 46,00;
  • Lulusan SMA/MA tahun 2019 jurusan IPA dengan nilai UN rata-rata minimal 47,50;
  • Lulusan SMA/MA tahun 2020 jurusan IPA dengan nilai rata-rata rapor semester 1 sd 6 terdiri dari mata pelajaran bahasa Indonesia, biologi, matematika, kimia, bahasa Inggris dan fisika minimal 70,00 dan tidak ada nilai dibawah 60,00;
  • Lulusan SMA/MA tahun 2021 jurusan IPA dengan nialai rata-rata rapor semester 1 s.d. 6 terdiri dari mata pelajaran bahasa Indonesia, biologi, matematika, kimia, bahasa Inggris dan fisika minimal 75,00 dan tidak ada nilai dibawah 65,00;
  • Lulusan SMA/MA tahun 2022 jurusan IPA nilai UN akan ditentukan kemudian sesuai telegram Panglima TNI; dan
  • Atau kelas 12 jurusan IPA dengan nilai rata-rata rapor semester 1 sd 5 minimal 6,50 serta sudah terdaftar sebagai peserta UN.

     

Baca juga: Jadwal Terakhir Pertandingan Uji Coba Timnas U-19 Indonesia di Korea Selatan

5. bagi yang memperoleh ijazah dari megara lain, harus mendapat pengesahan dari Kembuddikdasmen dan atau Kemenristek dan Dikti.

6. Bersedia menjalani ikatan dinas pertama (IDP) selama 10 tahun terhitung mulai saat dilantik menjadi Letnan Dua/Letda.

7. Berkelakuan baik dan tidak sedang kehilangan hak untuk menjadi prajurit berdasarkan putusan pengadilan yang telah memperoleh kekuatan hukum tetap disertai dengan surat keterangan catatan kepolisian (SKCK) dari polres setempat.

8. Sehat jasmani dan rohani, tidak bertato/bekas tato dan tidak bertindik telinga atau anggota badan lainnya kecuali yang disebabkan oleh ketentuan adat, tidak buta warna dan tidak berkacamata/memakai softlens.

Halaman
12
Sumber: Kompas.com
  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved