DOB Papua

Warga Nabire Kaget Wilayahnya Jadi Ibu Kota DOB Papua Tengah: Mimika Jadi Kandidat Terkuat

Keputusan Panja DPR RI menjadikan Nabire sebagai ibu kota DOB Papua Tengah menjadi sorotan.

Tribun-Papua.com/Istimewa
UNJUK RASA – Ratusan warga Kabupaten Mimika, Provinsi Papua menggelar unjuk rasa menuntut lokasi ibu kota Provinsi Papua Tengah di Timika. Di sisi lain, keputusan Panja DPR RI menjadikan Nabire sebagai ibu kota DOB Papua Tengah menjadi sorotan. 

TRIBUNPAPUABARAT.COM - Keputusan DPR RI menjadikan Nabire sebagai ibu kota Daerah Otonomi Baru (DOB) Provinsi Papua Tengah menuai pro dan kontra.

Bahkan warga Nabire pun tak menduga wilayahnya bakal jadi ibu kota DOB Papua Tengah.

Banyak yang menduga, ibu kota DOB Papua Tengah berada di Mimika.

Baca juga: RUU DOB 3 Provinsi di Papua Disahkan, Bupati Puncak Ucap Terima Kasih pada Jokowi: Peradaban Baru

 

Warga Kabupaten Nabire mengatakan keputusan DPR RI dalam memutuskan daerah yang berjuluk kota jeruk itu sebagai ibu kota Provinsi Papua Tengah, adalah tak terduga tetapi merupakan keputusan yang tepat.

Hal itu disampaikan salah satu warga Nabire, Yonatan Rumere kepada Jurnalis Tribun-Papua.com melalui telepon seluler, Minggu (3/7/2022) pagi.

"Saya pikir ini bagi semuanya adalah hal yang mengejutkan, sebab Mimika menjadi kandidat terkuat, namun kami menilai pilihan Nabire menjadi ibu kota sangatlah tepat dan kenyataan," katanya.

Ia mengungkapkan, selama ini Nabire banyak sekali ketertinggalan di berbagai sektor, mulai dari pendidikan, kesehatan, dan ekonomi, termasuk infrastruktur.

"Untuk itu dengan dijadikan Nabire sebagai ibu kota, maka diharapkan akan semakin berkembang dan maju, serta fokus pelayanan lebih maksimal," katanya.

Secara letak geografis, posisi Nabire juga memang berada di tengah Pulau Papua, dan ini dapat menjadi "center point"nya Papua.

Halaman
12
Sumber: Tribun papua
  • Ikuti kami di
    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved