MUI Kota Sorong Imbau Setiap Masjid Pastikan Hewan Kurban Bebas PMK, Beri Pesannya

MUI Kota Sorong Imbau Setiap Masjid Pastikan Seluruh Hewan Kurban Bebas dari PMK. Sehingga Masjid Lakukan Pemotongan Hewan Kurban

Penulis: Petrus Bolly Lamak | Editor: Jefri Susetio
TribunPapuaBarat.com
MUI KOTA SORONG: Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Sorong Abdul Manan Fakaubun menghimbu Umat Muslim di Kota Sorong tetap jaga persaudaraan meski Salat Idul Adha 1443 Hijria digelar berbeda yaitu pada sembilan dan sepuluh Juli 2022. 

TRIBUNPAPUABARAT.COM, SORONG – Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Sorong, Papua Barat sudah berkoordinasi dengan dinas peternakan.

Sehingga, seluruh masjid bisa melakukan pemotongan hewan kurban.

Ketua MUI Kota Sorong, Abdul Manan Fakaubun mengatakan, MUI Kota Sorong bersama Dinas Peternakan Sorong telah melakukan sosialisasi tentang penyakit mulut dan kuku pada ternak.

"Hari raya Idul Adha nanti kegiatan pemotongan hewan kurban dapat berjalan dengan baik," ujarnya saat berbincang dengan TribunPapuaBarat.com, Rabu (6/7/2022).

Baca juga: Jelang Idul Adha, MUI Kota Sorong Imbau Umat Muslim Jaga Persaudaraan

Baca juga: Pesan Pj Gubernur Papua Barat untuk Atlet yang Berlaga di Kejurda-III Papua Barat

Ia menambahkan, MUI tidak melarang pemotongan hewan kurban di setiap masjid. Akan tetapi, masjid harus berkoordinasi dengan dinas peternakan agar hewan yang dikurbankan sehat.

Menurutnya, hewan ternak yang dikurbankan harus bebas dari penykit. Supaya ketika dikonsumsi tidak berdampak buruk bagi masyarakat.

“Sejauh ini sejumlah ternak yang akan dikurbankan sudah terlebih dahulu dicek kesehatannya oleh dinas peternakan setempat,” katanya.

Diharapkan dengan koordinasi antara Dinas Peternakan Kota Sorong dengan masjid yang ada di Kota Sorong, pelaksanaan hari raya kurban dapat berjalan dengan baik.

“Terutama sejumlah ternak boleh terhindar dari penyakit mulut dan kuku yang kasusnya mengalami peningkatan pada sejumlah daerah,” ujarnya.

Pelaksanan salat Idul Adha dilaksanakan di semua masjid. Namun ada tempat yang disediakan pembina Peringatan Hari Besar Islam (PHBI) Kota Sorong.

Baca juga: Hari Raya Idul Adha 1443 H di Kota Sorong, MUI Keluarkan Maklumat yang Berbeda dengan Pemerintah

Baca juga: Kisah Pilu Nenek Ngatemi yang Ditemui Sandiaga Uno, Sebatangkara di Rumah

PHBI menyediakan tempat Salat di Pantai reklamasi, Masjid Agung Al Akbar, Mako Lantamal XIV, Pasar bersama, halaman Kantor Walikota dan di gedung keuangan Kota Sorong.

Pada pemberitaan sebelumnya, Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Sorong mengeluarkan maklumat Hari Raya Idul Adha 1443 Hijriah pada Sabtu (9/7/2022).

Hal disampaikan, Sekretaris MUI Kota Sorong, Agung Sibela.

"Benar untuk Kota Sorong hari raya Idul Adha digelar pada Sabtu (9/7/2022)" ujarnya kepada TribunPapuaBarat.com.

Halaman
12
  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved