Seniman Berharap Pj Bupati Sorong Yan Piet Mosso Genjot Kualitas SDM

Seniman berharap Pj Bupati Sorong genjot kualitas sumber daya manusia Papua di Kabupaten Sorong.

TRIBUNPAPUABARAT.COM/PETRUS BOLLY LAMAK
SDM-Seniman pahat David Womsiwor saat ditemui awak media di Sorong. David meminta Penjabat Bupati Yan Piet Mosso perbaiki kualitas SDM. 

TRIBUNPAPUABARAT.COM, SORONG - Seniman di Kabupaten Sorong, Provinsi Papua Barat tidak mempersoalkan sosok penjabat (Pj) kepala daerah yang telah dipilih oleh pemerintah pusat.
Namun, kehadiran penjabat harus memberikan efek positif terhadap peningkatan kualitas sumber daya manusia (SMD).

David Womsiwor, seniman pahat berharap, Pj Bupati Sorong Yan Piet Mosso mampu menggenjot kualitas SDM agar pembangunan daerah berjalan sesuai ekspektasi.

SDM, kata dia, adalah kunci dalam perbaikan seluruh sektor kehidupan baik sosial, politik, ekonomi bahkan adat.

"Siapa saja yang menjabat kami terima, tapi SDM perlu digenjot. Percuma daerah maju tapi SDM lemah," ucap David Womsiwor saat ditemui awak media di Sorong, Sabtu (27/8/2022).

Ia menerangkan, pemerintah pusat telah menggelontorkan ratusan juta dana Otonomi Khusus (Otsus) ke daerah dengan empat tujuan utama pemanfaatannya. Yaitu pendidikan, kesehatan, ekonomi kerakyatan dan infrastruktur.

Namun, sistem pengelolaan dana Otsus belum dilakukan dengan baik yang berdampak terhadap rendahnya mutu pendidikan maupun sektor kesehatan.

"Kalau infrastruktur sudah cukup merata," jelas seniman asal Biak, Papua.

David menuturkan, banyak masyarakat berharap Yan Piet Mosso membawa perubahan melalui progam kerja yang menyentuh hingga level bawah.
Terutama program untuk meningkatkan kualitas pendidikan dan kesehatan.

Di Kabupaten Sorong, kata dia, banyak generasi muda Papua yang putus sekolah. Faktor penyebabnya adalah keterbatasan biaya dan terkontaminasi dengan lem aibon.

Penanganan masalah ini memerlukan keseriusan dari pemerintah, agar generasi muda bisa terselamatkan.

"Siapapun pemimpin di Tanah Malamoi kami dukung, yang penting lihat dan sentuh kami rakyat kecil. Apalagi orang Malamoi pemilik tanah ini," jelas David Womsiwor.

Kendati demikian, David Womsiwor mengimbau agar seluruh masyarakat tetap menjaga stabilitas keamanan daerah agar kepala daerah dapat menjalankan tugas sebaik mungkin. Terutama, menjelang persiapan Pemilu serentak tahun 2024 mendatang.

"Kita dukung beliau sama-sama dan jaga keamanan agar pembangunan bisa jalan baik," pungkas David Womsiwor.(*)

  • Ikuti kami di
    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved