Banjir Sorong

Sidak Galian C tapi Aktivitas Kosong Diduga Bocor, Pj Wali Kota Sorong: Pulang Kami akan Rapat

Sidak Galian C tapi Aktivitas Kosong Diduga Bocor, Pj Wali Kota Sorong: Pulang Kami akan Rapat untuk Membahas Peristiwa Ini

Penulis: Petrus Bolly Lamak | Editor: Jefri Susetio
TRIBUNPAPUABARAT.COM/Petrus Bolly Lamak
TINJAU - Penjabat Wali Kota Sorong, George Yarangga melakukan peninjauan di lokasi galian C. Akan tetapi, tidak ada aktivitas galian C di lokasi. Besar dugaan bocor 

TRIBUNPAPUABARAT.COM, SORONG - Penjabat Wali Kota Sorong, Papua Barat George Yarangga melakukan peninjauan di lokasi galian C.

Akan tetapi, tidak ada aktivitas galian C pada lokasi yang tinjau Pj Wali Kota Sorong.

Berdasarkan pengamatan yang dilakukan TribunPapuaBarat.com, Gorege Yarangga dan rombongan tiba di lokasi sekira pukul 12.00 WIT.

George melakukan peninjauan galian C Kelurahan Matalamagi, Distrik Sorong Utara, Kota Sorong.

Baca juga: KOLAM BESAR Bekas Galian C, Perbukitan Hijau Kota Sorong Sudah Habis, Banjir Hantui Warga

Baca juga: POTRET Galian C Disinyalir Biang Kerok Banjir Kota Sorong, Bukit Kawasan Hutan Lindung Sudah Gundul

Saat dikonfirmasi awak media, Penjabat Wali Kota itu menyampaikan sudah mendapat laporan dari dinas teknis dan Gakkum.

"Setelah tiba di sini saya sudah dapat laporan dari dinas teknis. Jadi nanti pulang kami akan rapat dan membahas semua masukan dari sektor yang ada," katanya kepada awak media Kamis (1/9/2022).

Ia bilang, tidak bisa ambil keputusan secara sepihak. Pemerintah akan mencarikan solusi secara bersama-sama terkait aktivitas galian C.

KOLAM - Sebuah kolam berukuran besar terlihat di lokasi bekas galian C di kilometer 10 Kota Sorong, Kamis (1/9/2022). Besar dugaan galian C menjadi biang kerok banjir Kota Sorong
KOLAM - Sebuah kolam berukuran besar terlihat di lokasi bekas galian C di kilometer 10 Kota Sorong, Kamis (1/9/2022). Besar dugaan galian C menjadi biang kerok banjir Kota Sorong (TRIBUNPAPUABARAT.COM/Petrus Bolly Lamak)

Pemerintah juga akan beri edukasi kepada masyarakat sekitar yang melakukan aktivitas galian C.

"Memang galian C, beberapa hari ini jadi perbincangan karena disinyalir jadi dampak banjir. Tapi informasi yang kami dapat, galian C ini juga jadi tempat cari makan bagi warga di sini," ungkap dia.

"Setelah kembali dari sini kami juga langsung rapat. Kami bahas secara baik sehingga pengambilan keputusan tidak merugikan pihak masyarakat juga. Karena 90 persen masyarakat sekitar kerja di sini," bebernya.

Ia menuturkan, setelah rapat koordinasi dilakukan, pemerintah baru bisa ambil keputusan apakah galian C ditutup atau tidak.

"Saya sudah turun lihat ke lokasi, jadi tentunya ini jadi perhatian pemerintah. Apalagi ini juga sudah jadi instruksi Pak Gubernur," pungkas dia.

GALIAN C- Lokasi galian C di Kota Sorong yang masuk dalam area hutan lindung kini sudah gundul
GALIAN C- Lokasi galian C di Kota Sorong yang masuk dalam area hutan lindung kini sudah gundul (TRIBUNPAPUABARAT.COM/Petrus Bolly Lamak)

Pada pemberitaan sebelumnya, maraknya galian C tanpa prosedur yang sejumlah lokasi di Kota Sorong disinyalir menjadi biang kerok banjir dan tanah longsor.

Karena itu, Penjabat Gubernur Papua Barat Paulus Waterpauw meminta aktivitas galian C dihentikan.

Halaman
12
  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved