Perpustakaan SMP Negeri 6 Wosi Manokwari Raih Akreditasi A

Dari segi manfaat, sambung dia, perolehan akreditasi akan memotivasi lembaga perpustakaan untuk meningkatkan pelayanan prima kepada siswa-siswi

TRIBUNPAPUABARAT.COM/INFAK INSASWAR MAYOR
AKREDITASI - Kepala Bidang Perpustakaan, Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Daerah Manokwari, Wiwik Heriawan menyerahkan sertifikat akreditasi A kepada Kepala Perpustakaan Anperta SMP Negeri 6 Wosi, Sabtu (9/9/2022). 

TRIBUNPAPUABARAT.COM, MANOKWARI - Perpustakaan milik Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 6 Wosi, Kabupaten Manokwari, Provinsi Papua Barat akhirnya meraih akreditas A dari Perpustakaan Nasional.

Kepala Bidang Perpustakaan, Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Daerah Manokwari, Wiwik Heriawan mengatakan, akreditasi itu dapat meningkatkan kepercayaan pengelola perpustakaan.

Selain itu, setiap kegiatan yang diselenggarakan akan lebih berkualitas dan menjaga eksistensi perpustakaan hingga masa mendatang.

"Akreditasi ini, akan meningkatkan kepercayaan dari perpusatakaan," ucap Wiwik Heriawan usai menyerahkan sertifikat akreditasi dari Perpustakaan Nasional kepada pihak SMP Negeri 6 Wosi, Sabtu (10/9/2022).

Baca juga: Sambut HUT ke-77 Indonesia, Dinas Perpustakaan Gelar Ragam Lomba, Pesertanya Staf dan Masyarakat

Baca juga: Hofni Maryen Kuli Bangunan Jadi Pengelola Perpustakaan Kampung di Distrik Sidey Manokwari

Dari segi manfaat, sambung dia, perolehan akreditasi akan memotivasi lembaga perpustakaan untuk meningkatkan pelayanan prima kepada siswa-siswi di lingkungan sekolah.

"Perpustakaan jantungnya pendidikan, kunci keberhasilan pendidikan," ujar Wiwik.

Ia menjelaskan, akreditasi perpustakaan itu berlaku hingga lima tahun ke depan semenjak ditetapkan di Jakarta pada 28 Juli 2022. Untuk mendukung kinerja perpustakaan sekolah, pihaknya menyerahkan satu rak buku.

Baca juga: Gencarkan Budaya Literasi, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Sorong Buka Pojok Baca Digital

Baca juga: Berangkat dari Literasi, Kegigihan Anak Arfak Berantas Buta Aksara Difilmkan

Baca juga: BBPSDMP Kominfo Makassar Sebut Peningkatan Literasi Digital di Papua Barat Akan Dilakukan

Kepala Perpustakaan SMP Negeri 6 Wosi, Sri Surnasih menjelaskan bahwa, ada sejumlah kendala yang dialami sekolah dalam memenuhi enam komponen persyaratan akreditasi.

Kendala tersebut antara lain, kualitas jaringan internet yang berdampak terhadap kurang optimalnya penggunaan aplikasi. Kendati demikian, seluruh komponen persyaratan dapat dilengkapi selama setahun berjalan.

"Kami kendala di aplikasi," ucap Sri.

Setelah mendapatkan kunjungan dari asesor, perpustakaan SMP Negeri 6 Wosi Manokwari merupakan satu-satunya perpustakaan SMP Negeri yang meraih akreditasi A.(*)

  • Ikuti kami di
    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved