Pemerintah Molor Terbitkan SK Wakil Ketua IV DPR Papua Barat, Kata Orgenes Wonggor

"Pemilihan dari bulan Juli 2022. Kami target Agustus, tetapi sampai September belum juga," kata Ketua DPR Papua Barat, Orgenes Wonggor

Penulis: Fransiskus Salu Weking | Editor: Tarsisius M
TRIBUNPAPUBARAT.COM/F WEKING
SK - Ketua DPR Papua Barat, Orgenes Wonggor, saat ditemui awak media di Manokwari, Papua Barat, Kamis (22/10/2022). 

Laporan wartawan Tribunpapuabarat.com, Fransiskus Salu Weking

TRIBUNPAPUBARAT.COM, MANOKWARI- Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Papua Barat, Orgenes Wonggor, mengatakan pemerintah molor menerbitkan Surat Keputusan (SK) Wakil Ketua IV dari Fraksi Otonomi Khusus.

"Sudah kami usulkan hampir satu bulan yang lalu, tapi belum ada informasi dari Pemerintah Provinsi Papua Barat," ucap Orgenes Wonggor kepada awak media di Aston Niu Hotel Manokwari, Kamis (22/9/2022).

Menurutnya, DPR Papua Barat menargetkan satu bulan setelah terpilihnya Cartensz Inigo Ortez Malibela sebagai wakil ketua IV, usulan SK segera diproses pemerintah provinsi ke pemerintah pusat.

"Pemilihan dari bulan Juli 2022. Kami target Agustus, tetapi sampai September belum juga," kata politikus Golkar Papua Barat ini.

Ia berharap, SK tersebut segera diterbitkan sebelum pembahasan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Induk tahun 2023.

SK itu diterbitkan pemerintah pusat melalui Kementrian Dalam Negeri lalu diserahkan ke pemerintah provinsi. 

Baca juga: Besok, DPR Papua Barat Jadwalkan Perombakan Alat Kelengkapan Dewan

"Kami berharap dalam waktu dekat ini bisa keluar," tutur Orgenes Wonggor.

Dalam waktu dekat, ucapnya, DPR Papua Barat akan melayangkan surat ke pemerintah provinsi untuk mengetahui progres usulan penerbitan SK wakil ketua IV.

Perlu diketahui bahwa, selama ini DPR Papua Barat hanya memiliki tiga orang wakil ketua.

Kehadiran wakil ketua IV dari jalur afirmasi atau pengangkatan diperlukan untuk menambah daya gedor aspirasi dari masyarakat adat di Papua Barat.

Mekanisme pemilihan dilakukan secara voting tertutup pada 11 Juli 2022. Dari 11 anggota Fraksi Otsus, hanya satu orang berhalangan hadir karena sedang bertugas ke luar daerah.

Hasilnya, Cartensz Inigo Ortez Malibela berhasil meraih suara terbanyak dari delapan calon. Pemilihan itu dilakukan sesuai tata tertib kedewanan.(*)

  • Baca Juga
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved