Ditembak Mati Aparat, KKB Ali Kogoya Sedang Memantau Berjarak 200 Meter dari Pos Keamanan

Ali Teu Kogoya (ATK)  yang diduga kuat merupakan anggota Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) pimpinan Lekagak Telenggen, tewas ditembak di Kago.

(Dok Pendam XVII Cenderawasih)
Pergerakan anggota KKB - Ali Teu Kogoya (ATK) yang diduga kuat merupakan anggota Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) pimpinan Lekagak Telenggen, tewas ditembak di Kago. 

TRIBUNPAPUABARAT.COM - Ali Teu Kogoya (ATK)  yang diduga kuat merupakan anggota Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) pimpinan Lekagak Telenggen, tewas ditembak di Kago, Distrik Ilaga, Kabupaten Puncak, Papua, Minggu (3/4/2022).

Saat itu, personel Satgas Operasi Damai Cartenz menembak mati ATK yang tengah di kejar.

Dikutip dari Kompas.com, ATK diduga sedang mengamati pos keamanan.

Baca juga: Kapolda Papua Prihatin KKB Bakar Sekolah dan Aniaya Guru: Bagaimana Generasi Papua Bisa Maju?

"TKP itu tidak jauh dari pos keamanan dan Polsek, kalau garis lurus itu cuma 200 meter saja, Kejadian satu bulan lalu yang masyarakat kena tembak itu, juga di daerah situ. Tentunya kalau dia sedang di situ ada yang sedang diamati," ujar Direskrimum Polda Papua Kombes Faizal Ramadhani, di Jayapura, Senin (4/4/2022).

Menurut Faizal, keberhasilan aparat keamanan mendeteksi keberadaan ATK merupakan perintah Kapolda Papua kepada Polres di daerah rawan untuk memperkuat pengamanan di dalam kota.

"Satu minggu yang lalu, Kapolda sudah memerintahkan lima kapolres untuk menyusun sistem kota sehingga keberadaan masing-masing kelompok (KKB) bisa diantisipasi untuk menyerang masyarakat umum ataupun TNI-Polri. Ini salah satu indikasi kalau sistem ini mulai berdampak," kata dia.

Satgas Operasi Damai Cartenz diketahui menembak mati anggota KKB Ali Kogoya di Ilaga, Kabupaten Puncak, Papua, Minggu (3/4/2022).

Anggota KKB itu ditembak petugas karena berusaha melawan dan menembak petugas saat hendak ditangkap.

(*)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Polda Papua: Anggota KKB Ali Kogoya yang Tewas Ditembak Sedang Mengamati Pos Keamanan"

Sumber: Kompas.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved