Tips Dokter soal Pola Makan bagi Penderita Diabetes yang Berpuasa

Bagi penderita diabetes di bulan Ramadan kerap menghadapi dilema agar bisa menjaga gula darah tetap stabil selama berpuasa.

Freepik
Ilustrasi tes gula darah pada pasien diabetes 

TRIBUNPAPUABARAT.COM -  Bagi penderita diabetes di bulan Ramadan kerap menghadapi dilema agar bisa menjaga gula darah tetap stabil selama berpuasa.

Hal ini disampaikan oleh dr Santi dari Medical Center Kompas Gramedia. 

"Puasa bisa muncul turun lagi gulanya. Turun ketika puasa, melonjak ketika berbuka puasa. Memang penyakit diabetes gejalanya gak jelas. Sering kali malah tidak ada gejala," ungkapnya pada siaran Radio Sonora FM dikutip Tribunnews, Kamis (14/4/2022).

Baca juga: Penderita Diabetes Tidak Semua Bisa Berpuasa, Ini Kondisi yang Melarangnya

Bahkan kata dr Santi, pada sebagian orang bahkan tidak menimbulkan keluhan apa pun pada tahap awal. Justru gejala dirasakan pada tahap akhir. 

Setelah muncul beberapa komplikasi, baru dirasakan gejala. Memang hanya sebagian kecil orang bisa merasakan gejala diabetes pada tahap dini. 

Lalu, pola makan apa yang harus diperhatikan penderita diabetes ketika melakukan ibadah berpuasa?

"Pada dasarnya sama aja. Bedanya Cuma tipis banget. Banyak orang pertama kali kena diabetes bingung. Mau makan apa, masak misah gak boleh sama yang lain. Sebenarnya enggak juga," kata dr Santi lagi. 

Baca juga: 10 Makanan Ini Harus Dihindari Penderita Diabetes agar Gula Darah Stabil, Apa Saja?

Pengaturan pola makan juga tergantung dengan berapa kadar gula dan seberapa parah peyakit diabetesnya. Pada dasarnya yang dikonsumsi adalah makanan sehat. 

Lalu yang perlu digarisbawahi adalah asupan karbohidrat yang baik. Standarnya, konsumsi karbohidrat yang dianggap baik adalah di bawah 30 gram.

Namun tidak mudah mengukur berat karbohidrat setiap makan. Karenanya dr Santi menyarankan untuk mengonsumsi karbohidrat kompleks.

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved