DOB Papua

Pengamat Ungkap Alasan John Wempi Wetipo Digeser dari Wamen PUPR Jadi Wamendagri, Singgung DOB Papua

Putra daerah asal Papua, John Wempi Wetipo adalah satu di antara tokoh yang dipilih Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam perombakan kabinet.

(TribunPapuaBarat.com/Safwan Ashari Raharusun)
Wakil Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) John Wempi Wetipo mengunjungi Pos Lintas Batas Negara atau Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Skouw, Distrik Muaratami, Kota Jayapura, Papua, Rabu (16/6/2021). Putra daerah asal Papua, John Wempi Wetipo adalah satu di antara tokoh yang dipilih Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam perombakan atau reshuffle kabinet, Rabu (15/6/2022). 

TRIBUNPAPUABARAT.COM - Putra daerah asal Papua, John Wempi Wetipo adalah satu di antara tokoh yang dipilih Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam perombakan atau reshuffle kabinet, Rabu (15/6/2022).

John Wempi Wetipo digeser posisinya, dari yang sebelumnya Wakil Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Wamen PUPR) menjadi Wakil Menteri Dalam Negeri (Wamendagri).

Pengamat Politik Universitas Cenderawasih (Uncen), Diego Romario de Fretes SIP MA mengatakan, penunjukan  John Wempi Wetipo sebagai Wamendagri sangat cocok dan akan memiliki peran untuk Daerah Otonomi Baru (DOB) Papua. 

Baca juga: Reshuffle Kabinet: Sosok Menteri dan Wamen yang Dilantik Jokowi Hari Ini, Ada Tokoh dari Papua

"Kita lihat latar belakang beliau, ketika ia dilantik jadi Wamen PUPR itu semua orang berasumsi bahwa ia mempunyai kapasitas karena ini merupakan bagian dari pada mengamankan kader-kader PDI Perjuangan di jajaran Kementerian," kata Diego kepada Tribun-Papua.com Rabu malam (15/6/2022), ketika dihubungi melalui sambungan telepon seluler, 

Ditunjuknya John sebagai Wamendagri, sangatlah cocok lantaran memang memiliki latar belakang yang mumpuni sebelumnya. 

"Beliau (John Wempi Wetipo), bukan sebagai orang teknis tetapi saat direshuffle dan menduduki jabatan Wakil Menteri Dalam Negeri sebenarnya ini sudah menjadi hal yang wajar karena basic dan rekam jejak yang baik sebagai kepala daerah 2 periode di Jayawijaya," jelasnya. 

Terdapat prestasi gemilang yang pernah diraih John Wempi Wetipo, salah satunya adalah manajemen keuangan yang baik dan mendapatkan penghargaan dari KPK saat itu. 

"Kalau saya melihat justru malah, digeser dari Wamen PUPR, menjadi Wamendagri ini lebih cocok dibandingkan jabatan yang diemban sebelumnya karena keilmuannya yang sinkron," kata Diego menerangkan.

Disinggung soal apakah penunjukkan John Wempi Wetipo menjadi Wamendagri, berkaitan erat dengan membantu rencana Pemerintah untuk memekarkan Papua, Diego merespon hal tersebut sudah tentu benar adanya.

"Karena saya melihat tak bisa dipungkiri pula salah satu agenda menempatkan John Wempi Wetipo sebagai Wamendagri bisa jadi adalah bagian dari rencana membantu pembentukan DOB baru di Papua," yakinnya. 

Halaman
12
Sumber: Tribun papua
  • Ikuti kami di
    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved