DOB Tanah Papua

Lukas Enembe Beralih Dukung DOB Papua, AMPTPI Kecewa: Dia Abaikan Aspirasi Ribuan Orang

Pernyataan Gubernur Papua Lukas Enembe yang mendukung DOP Papua dinilai telah mengkhianati aspirasi rakyat Papua.

hendrik_rewapatara_Tribun_Papua
Lukas Enembe yang mendukung pemekaran Papua atau Daerah Otonomi Baru (DOB) menjadi tujuh provinsi mendapat kritik dari Asosiasi Mahasiswa Pegunungan tengah Papua se-Indonesia (AMPTPI). 

TRIBUNPAPUABARAT.COM, JAYAPURA - Pernyataan Gubernur Papua Lukas Enembe yang mendukung pemekaran Papua atau Daerah Otonomi Baru (DOB) menjadi tujuh provinsi mendapat kritik dari Asosiasi Mahasiswa Pegunungan tengah Papua se-Indonesia (AMPTPI).

AMPTPI menilai Gubernur Lukas Enembe yang mendukung DOB telah mengkhianati aspirasi rakyat Papua.

Diketahui sebelumnya, pernyataan Lukas Enembe mendukung DOB Papua ini disampaikan saat bertemu Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian di Kantor Kemendagri, Jakarta pada Jumat (17/6/2022).

"Semenjak Lukas Enembe jadi Gubernur selalu kontroversial dengan kebijakan pemerintah pusat," ujar Sekjen Asosiasi Mahasiswa Pegunungan tengah Papua Se-Indonesia (AMPTPI), Ambrosius Mulait, Selasa (21/6/2022).

Diketahui, ada tiga Daerah Otonomi Baru (DOB) yang hendak dibentuk di tanah Papua; yaitu provinsi Papua Tengah, Pegunungan Tengah dan Papua Selatan.

Baca juga: Dewan Adat Papua Blak-blakan Soal DOB dan Otsus, Singgung soal Kepentingan Pribadi

Kata Mulait, seorang kepala daerah punya peranan penting mengamanankan rakyatnya, bukan meminta sesuatu yang lebih dari Pemerintah Pusat. 

"Bapak Lukas tidak memiliki moral atas rakyat papua. Kenapa saya katakan demikian, telah terbukti di akhir masa jabatannya, ia mendukung pemekaran tujuh provinsi baru di Papua," katanya. 

Menurutnya Mulait, orang nomor satu di Papua itu  sangat sadar akan jumlah penduduk Papua sebanyak 2,1 juta jiwa.

"Jumlah populasi orang Papua tersebut Lukas umumkan pada 2021, pasca PON XX Papua dengan dalil orang Papua menuju genosida."

"Jumlah penduduk yang disampaikan benar adanya, tetapi Lukas Enembe malah ambil bagian dalam mengusulkan tujuh daerah pemekaran provinsi baru di Papua," katanya.

Lukas Enembe
Lukas Enembe dukung DOB Papua (Tribunnews.com/HO)

Karena itu, Mulait dan barisannya mengutuk tindakan Lukas Enembe atas pemekaran wilayah Papua. 

"Dia (Lukas Enembe) tidak sadar bahwa di Papua itu kepemilikan tanah bukan perseorangan. Tetapi ia selaku Gubernur abaikan aspirasi ribuan orang  rakyat West Papua yang turun jalan tolak kebijakan DOB dan Otsus," tandasnya.

Mulait menambahkan, setidaknya Lukas Enembe harus berpikir, Papua bukan tanah kosong. (Tribun-Papua.com, Hendrik Rewapatara)

Artikel ini telah tayang di Tribun-Papua.com dengan judul Lukas Enembe Dukung Pemekaran 7 DOB, Tim Pemekaran Provinsi Selatan: Pasti Jadi Tahun Ini

Sumber: Tribun papua
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved