DOB Papua

Warga Pegunungan Bintang Ingin Tetap Berada di Provinsi Papua, Ancam Gabung ke PNG jika Tak Didengar

DOB Papua: Warga Pegunungan Bintang menolak bergabung dengan Provinsi Papua Pegunungan. Ingin tetap di Papua sebagai provinsi induk.

Tribun-Papua.com/Istimewa
SETIA KE PAPUA – Intelektual muda Kabupaten Pegunungan Bintang (Pegubin) yang tergabung dalam wadah Imppetang menyampaikan 5 tuntutan kepada pemerintah terkait posisi Kabupaten Pegubin pascadisahkan RUU DOB Papua. Mereka termasuk golongan warga Pegubin yang menolak wilayahnya masuk ke dalam Provinsi Papua Pegunungan dan ingin tetap berada di Provinsi Papua sebagai provinsi induk. 

TRIBUNPAPUABARAT.COM - Warga Pegunungan Bintang (Pegubin), Papua melakukan aksi demonstrasi menolak wilayahnya bergabung ke Provinsi Papua Pegunungan, Jumat (1/7/2022).

Mereka menginginkan Kabupaten Pegunungan Bintang untuk tetap berada di Provinsi Papua.

Mereka juga mendesak pemerintah pusat melakukan peninjauan UU DOB Papua.

Baca juga: RUU DOB 3 Provinsi di Papua Disahkan, Bupati Puncak Ucap Terima Kasih pada Jokowi: Peradaban Baru

 

Massa yang terdiri dari mahasiswa dan masyarakat menolak Pegunungan Bintang digabungkan ke wilayah Provinsi Papua Pegunungan. 

Massa menggelar long march sepanjang jalan Oksibil dan berhenti di pusat kota, tepatnya di pertigaan Bank Papua.

Aksi damai ini berlangsung sekira pukul 09.00 hingga 11.00 WIT.

Pelaksana tugas (Plt) Sekretaris Daerah Pegubin, Aloysius Giyai didampingi Wakapolres Pegubin, Willy Brordus Ansiga turun menemui massa, lalu menerima aspirasi mereka.

Ketua Harian Dewan Adat Pegunungan Bintang, Demianus Uropmabin, mengatakan tujuan aksi tersebut supaya pemerintah pusat melakukan revisi, dan mengembalikan wilayahnya masuk ke Provinsi Papua.

melakukan demo untuk menuntut Pemerintah Pusat, melalui Komisi II DPR RI dan Kemendagri untuk mengembalikan Kabupaten Pegunungan Bintang ke Provinsi Papua sebagai provinsi Papua.

Halaman
123
Sumber: Tribun papua
  • Ikuti kami di
    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved