Komitmen Transparan, YPMAK Gelar Pelatihan Pembuatan RAB dan LPJ bagi Pokja 5 Suku di Timika

YPMAK menggelar pelatihan Pembuatan RAB dan LPJ kepada kelompok kerja (Pokja) lima suku di Timika Provinsi Papua.

Editor: Haryanto
TRIBUN PAPUA
PELATIHAN - Foto bersama dalam pelatihan pembuatan Rencana Anggaran Biaya (RAB) dan Laporan Pertanggungjawaban (LPJ) yang dilaksanakan YPMAK kepada Kelompok Kerja (Pokja) 5 suku di Kabupaten Mimika, di Hotel Horison Ultima Timika, pada Jumat (1/7/2022). 

TRIBUNPAPUABARAT.COM, TIMIKA - Yayasan Pemberdayaan Masyarakat Amungme Kamoro (YPMAK) berkomitmen dalam mengelola keuangan secara transparan, dan akuntabel.

Maka dari itu, YPMAK menggelar pelatihan Pembuatan Rencana Anggaran Biaya (RAB) dan Laporan Pertanggungjawaban (LPJ) kepada kelompok kerja (Pokja) lima suku, di Kabupaten Mimika.

Kegiatan tersebut dilaksanakan di ruang rapat lantai 2, Puncak Idenberg, Hotel Horison Ultima Timika, Jalan Hasanudin, pada Jumat (1/7/2022) pagi WIT.

Adapun lima suku Pokja tersebut antara lain Suku Dani, Suku Damal, Suku Nduga, dan Suku Mee, Moni.

Baca juga: Prakiraan Cuaca Papua Barat Hari Ini, Minggu 3 Juli 2022, Sorong Waspada Hujan di Siang Hari

Tujuan kegiatan adalah memberikan pemahaman kepada Pokja 5 suku memperbaiki pembuatan perencaanaan anggaran biaya dan laporan pertanggungjawaban sesuai dengan prinsip standar keuangan YPMAK.

"Kegiatan ini berdasarkan hasil audit keuangan setelah LPJ diperiksa dan ternyata ada beberapa hal perlu diperbaiki di Pokja 5 suku. Ini juga karena YPMAK selalu berada pada pengelolaan keuangan hingga pertanggungjawaban ke publik secara jelas, transparan, dan akuntable," ungkap Kepala Devisi Perencana Program Sosial Ekonomi YPMAK, Billy Korwa.

Ia mengatakan, terkait capaian sesuai ekspektasi tidak besar, namun YPMAK berharap pengurus Pokja memahami tata kelola anggaran dan pembiayaan dengan benar.

Menurut Billy, bimbingan terhadap Pokja 5 suku terus dilakukan demi mewujudkan keberhasilan program kerja YPMAK kepada masyarakat.

"Memang proses pembuatan RAB dan LPJ membutuhkan waktu, namun proses bimbingan yang intens terus dilakukan YPMAK," katanya.

Baca juga: Warga Demo Tuntut Ibu Kota DOB Papua Tengah di Timika Bukan Nabire, Minta Suara Rakyat Didengar

Ia menjelaskan, terkait program Pokja 5 suku sudah banyak dilakukan seperti berdagang dan masih banyak yang lain.

"Jadi mereka sudah mulai dagang sayur, buka kios, peternakan, jual pulsa, dan jual pinang. Usaha di atas lebih kepada mikro. Karena hampir Pokja 5 suku berorentasi di usaha skala mikro,” katanya.

“Kalau makro kita akan dorong ke KUR BRI jika mereka sudah siap diberikan modal kerja akan difasilitasi melalui subsidi bekerja sama dengan BRI," imbuhnya.

Sekedar diketahui ada tiga point penting pada pelatihan RAB dan LPJ antara lain, kebijakan keuangan mitra ekonomi, pengeluaran kas dan bukti pengeluaran, serta laporan keuangan.

Baca juga: Video Detik-detik Evakuasi Pesawat Susi Air yang Jatuh di Timika, Tim SAR hingga TNI AU Turun Tangan

(*)

Artikel ini telah tayang di Tribun-Papua.com dengan judul YPMAK Gelar Pelatihan Pembuatan RAB dan LPJ untuk Pokja 5 Suku

Sumber: Tribun papua
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved