Breaking News:

Wisata Papua Barat

Dua Bulan Jadi Pj Gubernur, Paulus Waterpauw Pengin Dorong Sektor Wisata Papua Barat Terkenal

Dua Jadi Pj Gubernur, Paulus Waterpauw Pengin Dorong Sektor Pariwisata Papua Barat Terkenal secara nasional maupun go internasional

istimewa
PARIWISATA - Pj Gubernur Papua Barat Paulus Waterpauw punya keinginan untuk memajukan sektor pariwisata di Papua Barat. Apalagi, daerah wisata Papua Barat yang potensial bukan sekadar Raja Ampat. 

TRIBUNPAPUABARAT.COM, MANOKWARI - Pj Gubernur Papua Barat, Komjen Pol (Purn) Paulus Waterpauw sudah melakukan beragam terobosan selama dua bulan menjabat. Satu di antaranya mendorong wisata Papua Barat supaya terkenal.

"Potensi objek wisata Papua Barat masih banyak misalnya Pulau Mansinam, dan Gunung Meja Manokwari, Pegunungan Arfak dengan danau kembarnya," ujarnya saat menjadi narasumber di sebuah radio, Selasa (9/8/2022).

Dia menambahkan, wisata Papua Barat yang  tidak kalah serunya yakni wisata pengamatan burung Cenderawasih dan burung pintar di Ransiki Manokwari Selatan.

Apalagi, di wilayah Manokwari Selatan ada Gunung Botak dengan kebun kakaonya.

Baca juga: Wisata Papua Barat di Sekitar Manokwari Apa Saja? Yuk Simak Keindahannya

Baca juga: Wisata Papua Barat: Teluk Cenderawasih Tak Kalah Indah dari Raja Ampat, Punya Daya Tarik Sendiri

Lalu, wisata Teluk Wondama dengan Batu Peradaban dan Taman Laut Teluk Cenderawasih. Di Tambrauw, ada lembah kebar dan bukit Teletubies, lalu Danau Framu di Maybrat.

Menurutnya, pembangunan dan pengembangan potensi wisata di Provinsi Papua Barat diharapkan bisa mendorong tumbuhnya kawasan pariwisata.

Jadi, kawasan pariwisata bisa dioptimalkan menjadi destinasi nasional maupun dunia.

Bila pengembangan wisata maju maka pertumbuhan ekonomi, sosial dan budaya dan pemberdayaan masyarakat bisa lebih baik.

Provinsi Papua Barat berada di Pulau Papua (New Guinea) memiliki potensi sumberdaya alam yang luar biasa berupa keunikan bukit, danau, laut, keanekaragaman hayati dan juga budaya.

"Selain Raja Ampat yang sudah Go International masih banyak potensi pariwisata di Papua Barat yang belum dikenal, baik pada tingkat nasional maupun internasional," katanya.

Lebih lanjut, ia bilang kebijakan pemerintahan pusat melalui Keputusan Presiden Nomor 9 Tahun 2020 mengenai Percepatan Pembangunan Kesejahteraan di Provinsi Papua & Papua Barat.

Dan regulasi daerah PERDASUS Nomor 10 Tahun 2019 tentang Pembangunan Berkelanjutan yang menjadi arahan pembangunan berkelanjutan dan pengembangan komoditas unggulan daerah non deforestasi, termasuk didalamnya pariwisata alam (ecotourism).

Oleh karena itu, sektor pariwisata mempunyai peran yang sangat potensial dan strategis dalam pembangunan daerah.

Namun, dapat berdampak negatif bagi sosial budaya masyarakat dan daya dukung sumberdaya alam dan lingkungan.

Baca juga: Wisata Andalan Papua Barat Tak Hanya Raja Ampat, di Sorong Ada Juga Spot Asyik untuk Dikunjungi Lho

Baca juga: Resort Raja Ampat, Urutan Rating Tertinggi dengan Harga Fantastis, Seperti di Maladewa

Halaman
12
  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved