Ribuan Beasiswa PIP dan KIP-Kuliah Disalurkan di Papua Barat, Bantu Tingkatkan Mutu Pendidikan

Ribuan Beasiswa PIP dan KIP-Kuliah Disalurkan di Papua Barat, Robert Kardinal: Bantu Tingkatkan Mutu Pendidikan

Petrus Bolly Lamak/TribunPapuaBarat.com
BANTUAN BEASISWA - Anggota Komisi X DPR RI dari Fraksi Partai Golkar, Robert Joppy Kardinal menyalurkan beasiswa Program Indonesia Pintar (PIP) dan Program KIP-Kuliah kepada mahasiswa di Unimuda Sorong Kamis (8/9/2022). 

TRIBUNPAPUABARAT.COM, SORONG - Anggota Komisi X DPR RI dari Fraksi Partai Golkar, Robert Joppy Kardinal telah menyalurkan beasiswa Program Indonesia Pintar (PIP) dan Program KIP-Kuliah kepada ribuan siswa di Papua Barat.

Tepatnya di Kabupaten Kaimana, Manokwari, Maybrat, Raja Ampat, Sorong, teluk Bintuni, teluk Wondama, Manokwari Selatan, Sorong Selatan, Tambrauw, Fakfak dan Kota Sorong, Selama Tahun 2021-2022.

Bantuan ini di salurkan untuk siswa di jenjang SD, SMP, dan SMA/SMK.

Baca juga: Robert Kardinal Salurkan Bantuan Beasiswa KIP ke 100 Mahasiswa Unimuda Sorong

Baca juga: Gelar Rapat Pengurus, DPW PPP Papua Barat Bahas 4 Poin Penting, Bahas Penjaringan Caleg

Robert Joppy Kardinal mengatakan, seluruh bantuan beasiswa PIP dan KIP-Kuliah merupakan program aspirasi anggota DPR RI komisi X bekerjasama dengan Pemerintah Pusat, dalam hal ini Kementrian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek).

“Bantuan diberikan berupa uang tunai, perluasan akses dan kesempatan belajar dari pemerintah yang diberikan kepada peserta didik yang berasal dari keluarga miskin atau rentan miskin,” katanya kepada TribunPapuaBarat.com Kamis (8/9/2022).

Ia menuturkan, besar dana bantuan PIP yaitu Rp 450 ribu. Untuk jenjang SD, Rp 750 ribu untuk jenjang SMP dan Rp 1 juta untuk jenjang SMA/SMK.

Total terdapat 6.713 siswa yang telah menerima beasiswa pada tahun 2021. Jumlah tersebut adalah jumlah siswa yang memenuhi semua persyaratan dari sekian ribu usulan yang masuk.

“Kegagalan utama siswa yang tidak bisa mendapatkan beasiswa PIP adalah dikarenakan Nomor Induk Kependudukan (NIK) yang invalid atau tidak tersinkronisasi dengan dukcapil, dinas pendidikan, dan database kementrian,” tutur Robert.

Sementara rincian bantuan untuk beasiswa KIP-Kuliah Tahun Anggaran 2021 dari jalur aspirasi Robert Joppy Kardinal, sebanyak 250 mahasiswa, dengan rincian Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong sebanyak 100 mahasiswa dan Sekolah Tinggi Ilmu Hukum (STIH) Manokwari sebanyak 65 orang, serta Universitas Papua (Unipa) Manokwari 85 mahasiswa.

“Seluruh penyaluran bantuan beasiswa PIP dan KIP-Kuliah tahun anggaran 2021 ini sudah selesai dilaksanakan,” ucapnya.

Ia berujar, total terdpata 7.198 siswa yang telah menerima beasiswa pada tahun 2022 jumlah tersebut adalah jumlah siswa yang memenuhi semua persyaratan dari sekian ribu usulan yang masuk.

“kegagalan utama siswa tidak bisa mendapatkan beasiswa PIP adalah dikarenakan NIK yang invalid atau tidak tersinkronisasi dengan dukcapil, dinas pendidikan, dan database kementrian,” pungkasnya.

(*)

  • Ikuti kami di
    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved