Berita Papua Barat

Sejarah Singkat Berdirinya Ikatan Keluarga Flobamora, Clinton: di Tanah Rantau Kita Satu Keluarga

Sejarah Ringkat Berdirinya Ikatan Keluarga Flobamora, Clinton: di Tanah Rantau Kita Satu Keluarga, Berikut Penjelasan Lengkapnya

istimewa
Flobamora - Clinton Tallo Menceritakan Sejarah Singkat Terbentuknya Ikatan Keluarga Flobamora (IKF) Papua Barat yang pada Jumat (25/9/2015). Peguyuban Flobamora merupakan keluarga di tanah rantau 

TRIBUNPAPUABARAT.COM, MANOKWARI - Ketua Umum Kerukunan Rumah Besar Flobamora Papua Barat, Clinton Tallo menceritakan awal berdirinya IKF bersama   Persatuan Perempuan Flobamora (PPF).

Ikatan Keluarga Flobamora (IKF) Papua Barat berdiri pada Jumat (25/9/2015).

"Saya bersama sesepuh Flobamora Papua Barat duduk berembuk. Kita sepakat kalau di NTT boleh kita berasal dari kabupaten/kota yang beda. Di tanah rantau, kita satu keluarga. Makanya, terbentuklah IKF itu," ujar Clinton dalam sesi podcast di Studio TribunPapuaBarat.com, Kamis (8/8/2022).

Baca juga: Bangkitkan Wirausaha Milenial Papua Barat, Waket DPP KNPI Beri Apresiasi Paulus Waterpauw

Baca juga: Kepala BPK Papua Barat Sebut Status Opini WTP Bisa Berubah Jika Laporan Penggunaan APBD Tak Detail

Dia menjelaskan, mantan Gubernur Nusa Tenggara Timur (NTT),   Frans Lebu Raya (almahrum) bersama rombongan pejabat daerah NTT turut hadir saat deklarasi IKF Papua Barat.

Kala itu, berbarengan dengan pelantikan   badan pengurus IKF dan    PPF periode pertama,    menjabat dari tahun 2015 hingga 2021.

Clinton dipercaya menahkodai sekali lagi IKF   Papua Barat untuk periode 2021 hingga 2026.

Seiring perkembangan di tubuh organisasi berbasis kekeluargaan tersebut, terbentuklah Angkatan Muda Flobamora (AMFlora) Papua Barat.

Hasil inisiasi generasi muda Flobamora Papua Barat yang terdorong untuk menghidupi semangat persaudaraan di tanah rantau.

Dan, membantu perkembangan IKF Papua Barat, melalui buah pikir dan tindakan versi kawula muda.

Kini, AMFlora Papua Barat diketuai oleh Yosep Yan Karmadi. Sedang, ketua PPF Papua Barat saat ini hingga 2026 mendatang, adalah Adriana Nalle.

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved