Imigrasi Manokwari

Covid-19 Mereda, Kantor Imigrasi Manokwari Perkuat Pengawasan Orang Asing Pada 2023

Kantor Imigrasi Manokwari akan memperketat pengawasan bagi orang asing di wilayah kerja Kanim Manokwari yang meliputi 5 kabupaten dan 62 distrik.

TRIBUNPAPUABARAT.COM/KRESENSIA KURNIAWATI MALA PASA
IMIGRASI MANOKWARI - Kakanim Manokwari, Iman Teguh Adianto (dua dari kanan), memaparkan kinerja 2022 dalam konferensi pers di aula Kantor Imigrasi Manokwari, Papua Barat, Jumat (6/1/2023). 

TRIBUNPAPUABARAT.COM, MANOKWARI - Kepala Kantor Imigrasi (Kakanim) Kelas I Non TPI Manokwari, Iman Teguh Adianto, menyakini mobilitas masyarakat meningkat setelah pencabutan masa pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM).

Menurutnya, pandemi Covid-19 berangsur-angsur menuju endemi sehingga pintu bagi para wisatawan dan investor asing ke wilayah Indonesia kembali dibuka selebar-lebarnya.

Karena itu, Kantor Imigrasi Manokwari akan memperketat pengawasan bagi orang asing yang masuk teritorial wilayah kerja Kanim Manokwari yang meliputi 5 kabupaten dan 62 distrik (kecamatan).

Di antaranya Kabupaten Manokwari, Teluk Bintuni, Manokwari Selatan, Pegunungan Arfak, dan  Kabupaten Teluk Wondama.

"Asas selektif, artinya hanya orang asing yang membawa manfaat yang bisa masuk wilayah Indonesia," kata Iman Teguh Adianto dalam konferensi pers capaian kinerja Kantor Imigrasi Kelas I Non TPI Manokwari, Jumat (6/1/2023).

Baca juga: Imigrasi Kelas I Manokwari Sebut Program Inovasi Tahun 2022 Berjalan Maksimal, Masyarakat Antusias

Ia mengatakan ada beberapa inovasi yang menopang kerja Kanim Manokwari dalam pengawasan orang asing.

Satu di antaranya pembentukan tim pengawasan orang asing (Tim PORA) di lima kabupaten di wilayah kerja Kanim Manokwari pada 2021.

Anggota Tim PORA, ucapnya, terdiri dari gabungan lintas pihak dan sektor terkait. 

"Mulai dari aparat keamanan, pemerintah kampung, distrik, kabupaten, pemilik tempat penginapan, dan lainnya," kata Kakanim Manokwari.

Bagi Iman Teguh Adianto, sinergi anggota Tim PORA memperkuat benteng pertahanan daerah dari pelanggaran keimigrasian di antaranya illegal entry dan overstay.

Hal itu sekaligus meringankan beban kerja Kanim Manokwari untuk mengawasi wilayah kerja yang cukup luas.

Baca juga: Silmy Karim Resmi jadi Dirjen Imigrasi, Menkumham Ingatkan Lima Hal yang Harus Ditindaklanjuti

Komunikasi intensif terus dijalin Kanim Manokwari dengan anggota Tim PORA tingkat distrik dan kabupaten.

Antara lain menggelar rapat koordinasi (rakor) Tim PORA yang telah dilakukan Kanim Manokwari sebanyak enam kali pada 2022.

"Melalui rakor kita mau memastikan para anggota Tim PORA tahu tugasnya sekaligus mendengar pelaporan dari mereka," ujar Iman Teguh Adianto.

Halaman
12
  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved