Wisata Papua Barat

Wisata Papua Barat di Pegunungan Arfak: Menikmati Indahnya Danau Anggi di Ketinggian 2.000 mdpl

Wisata Papua Barat di Pegunungan Arfak memuat banyak spot menarik, di antaranya danau-danau, spot pengamatan burung, hingga wisata budaya.

(KOMPAS.com / WAHYU ADITYO PRODJO)
Lanskap Pegunungan Arfak dilihat dari udara wilayah Distrik Anggi, Kabupaten Arfak, Papua Barat. Danau Anggi di Pegunungan Arfak, menjadi bagian wisata Papua Barat yang menarik untuk dikunjungi. 

TRIBUNPAPUABARAT.COM - Danau Anggi di Pegunungan Arfak, menjadi bagian wisata Papua Barat yang menarik untuk dikunjungi.

Wisata Papua Barat di Pegunungan Arfak memuat banyak spot menarik, di antaranya danau-danau, spot pengamatan burung, hingga wisata budaya.

Yang menarik, wisata Papua Barat Pegunungan Arfak kaya akan keanekaragaman hayati bernilai tinggi.

Baca juga: 5 Rekomendasi Wisata Papua Barat Daya di Sorong, Menjelajahi Pulau Doom hingga Hutan Mangrove

Dilansir dari papuabaratprov.go.id, terdapat 110 spesies mamalia dengan 44 spesies yang telah tercatat, 320 spesies aves, dimana 5 diantaranya merupakan satwa endemik di kawasan Pegunungan Arfak – Tambrauw seperti Cenderawasih Arfak (Astrapia Nigra), Parotia Barat (Parotia Sefilata) dan Namdur Polos (Amblyornis Inomatus).

Di sebelah vegetasi hamparan hujan tropis, ada Danau Anggi Gida (perempuan) dengan luas 2.500 ha dan Danau Anggi Giji (laki-laki) dengan luas 1.800 ha, yang terpisahkan oleh gunung.

Konon, legenda masyarakat Arfak, terdapat sepasang anak manusia tinggal di Pegunungan Arfak, Manokwari, Papua Barat.

Mereka hidup berdua dan memadu kasih hingga kekuatan cinta mengabadikan diri mereka menjadi dua buah danau besar yang ada sampai sekarang, dikutip dari Kompas.com.

Menilik dari laman kemenkeu.go.id, Danau Anggi juga termasuk 10 danau tertinggi di Indonesia.

Lanskap Pegunungan Arfak dilihat dari udara wilayah Distrik Anggi, Kabupaten Arfak, Papua Barat. Pegunungan Arfak merupakan daerah pegunungan yang menyimpan potensi pariwisata.
Lanskap Pegunungan Arfak dilihat dari udara wilayah Distrik Anggi, Kabupaten Arfak, Papua Barat. Pegunungan Arfak merupakan daerah pegunungan yang menyimpan potensi pariwisata. ((KOMPAS.com / WAHYU ADITYO PRODJO))

Diktahui, Danau Anggi berada di ketinggian 1.800 meter di atas permukaan laut dan suhu udara mencapai 8-20 derajat celcius.

Terkadang kabut juga turun di area Pegunungan Arfak.

Baca juga: Wisata Papua Barat Daya: Cantiknya View Kota Sorong dari Spot Pagoda Sapta Ratna

Sehingga disarankan untuk pengunjung, perlu membawa baju tebal atau jaket untuk menghangatkan tubuh.

TribunPapuaBarat.com merekomendasikan spot lain untuk menikmati keindahan Danau Anggi dari Bukti Kobrey.

Spot Bukit Kobrey berada di ketinggian sekitar 2.050 – 2.100 meter di atas permukaan laut (mdpl).

Dari Kampung Igbay atau kota Distrik Anggi, Bukit Kobrey berjarak sekitar 1,5 kilometer atau bisa ditempuh sekitar 30 menit.

Wisatawan menikmati panorama Danau Anggi Gida dilihat dari Bukit Kombrey dengan ketinggian sekitar 2.000 meter di atas permukaan laut, Jumat (17/8/2018). Bukit Kombrey merupakan obyek wisata yang terletak di Distrik Anggi, Kabupaten Pegunungan Arfak, Papua Barat.
Wisatawan menikmati panorama Danau Anggi Gida dilihat dari Bukit Kombrey dengan ketinggian sekitar 2.000 meter di atas permukaan laut, Jumat (17/8/2018). Bukit Kombrey merupakan obyek wisata yang terletak di Distrik Anggi, Kabupaten Pegunungan Arfak, Papua Barat. ((KOMPAS.com / WAHYU ADITYO PRODJO))

Baca juga: Paling Lambat Besok, Pj Gubernur Papua Barat Instruksikan Semua OPD Tuntaskan Penginputan RAP 2023

Halaman
12
  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved