Pekabaran Injil 2023

PUPR Papua Barat Kerja Bakti Bersihkan Tepi Jalan STKIP Muhammadiyah Manokwari: Teladan bagi Warga

Mulai pukul 08.00 WIT, para staf Dinas PUPR Papua Barat sudah kerja bakti menebas rumput liar di sepanjang tepian jalan itu.

TRIBUNPAPUABARAT.COM/KRESENSIA KURNIAWATI MALA PASA
KERJA BAKTI- Para staf Dinas PUPR Papua Barat kerja bakti di tepi jalan depan STKIP Muhammadiyah Manokwari, Papua Barat, Selasa (24/1/2023) pagi. 

TRIBUNPAPUABARAT.COM, MANOKWARI - Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Papua Barat ramai-ramai membersihkan tepi jalan depan STKIP Muhammadiyah Manokwari, Selasa (24/1/2023) pagi.

Mulai pukul 08.00 WIT, para staf Dinas PUPR Papua Barat sudah mengayunkan parang untuk menebas rumput liar di sepanjang tepian jalan itu.

Sementara staf lainnya sigap menyapu sampah plastik dan rumput yang berserakan, lalu memasukkan sampah-sampah itu ke kantong plastik hitam.

Hingga pukul 10.00 WIT, tepi jalan dari depan STKIP Muhammadiyah Manokwari hingga GBI Kristus Arfai, berubah bersih dan menyisakan belasan kantong hitam berisi sampah yang akan diangkut oleh truk sampah.

Hal yang sama dilakukan seluruh ASN, P3K dan honorer organisasi perangkat daerah (OPD) lingkup Pemerintah Provinsi (Pemprov) Papua Barat.

Baca juga: PUPR Papua Barat Kebut Benahi Pulau Mansinam, Yohanis Momot: Hasilnya Mulai Terlihat 

Hal itu menindaklanjuti surat pemberitahuan kerja bakti yang ditandatangani Pelaksana tugas (Plt) Sekretaris Daerah, Papua Barat, Dance Sangkek atas nama Pj Gubernur Papua Barat per tanggal 20 Januari 2023.

"Untuk menyambut HUT Pekabaran Injil di Kabupaten Manokwari pada 5 Februari 2023 dilaksanakan kerja bakti/pembersihan di sepanjang ruas jalan PT Sinar Suri-Arfai kompleks kantor gubernur," kata Pj Gubernur Papua Barat, Paulus Waterpauw, seperti dikutip dari keterangan tertulisnya.

Di antara para staf Dinas PUPR Papua Barat yang kerja bakti itu, tampak Kepala Bidang (Kabid) Penataan Ruang Dinas PUPR Papua Barat, Heribertus Heddy Wiryawan, turut membenamkan kaki untuk memungut sampah di parit.

Menurut dia, kerja bakti sudah menjadi budaya gotong-royong yang dipupuk masyarakat Indonesia, khususnya di Manokwari.

"Lingkungan juga jadi lebih terjaga dalam menyongsong HUT Pekabaran Injil di Tanah Papua," ujar Heribertus Heddy Wiryawan.

Baca juga: Wapres Maruf Amin Ikut Perayaan HUT Pekabaran Injil, 6 Provinsi di Tanah Papua Dipastikan Hadir

Kendati begitu, dia berharap kerja bakti kali ini tak sebatas dilakukan oleh Pemerintah Provinsi Papua Barat maupun Pemerintah Kabupaten Manokwari.

Justru menjadi pelecut motivasi bagi  masyarakat untuk dapat menjaga kebersihan di lingkungannya.

KERJA BAKTI- Para staf Dinas PUPR Papua Barat kerja bakti di tepi jalan depan STKIP Muhammadiyah Manokwari, Papua Barat, Selasa (24/1/2023) pagi.
KERJA BAKTI- Para staf Dinas PUPR Papua Barat kerja bakti di tepi jalan depan STKIP Muhammadiyah Manokwari, Papua Barat, Selasa (24/1/2023) pagi. (TRIBUNPAPUABARAT.COM/KRESENSIA KURNIAWATI MALA PASA)

"Ini sekaligus jadi contoh untuk masyarakat," tambah Heribertus Heddy Wiryawan.

Terlebih, sambung dia, pada saat puncak perayaan HUT ke-168 Pekabaran Injil di Tanah Papua, semua mata akan tertuju ke Kabupaten Manokwari.

Karena itu, menjaga lingkungan tetap bersih, menurut dia merupakan tanggung jawab seluruh pihak, bukan hanya Pemprov Papua Barat sebagai panitia HUT.

Wakil Presiden RI Ma'ruf Amin dan Sultan Tidore dikabarkan akan menghadiri perayaan mengenang peristiwa sejarah 5 Februari 1855 itu. (*)

 

Ikuti kami di

AA
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved