Breaking News:

Vaksinasi Covid19

Inilah Efek Samping yang Umum Terjadi pada Ibu Hamil setelah Vaksinasi Covid-19

Berikut beberapa efek samping atau Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (KIPI) yang mungkin dirasakan oleh ibu hamil pasca vaksinasi Covid-19.

TRIBUNNEWS/HERUDIN
Ilustrasi vaksinasi Covid-19 - Berikut beberapa efek samping atau Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (KIPI) yang mungkin dirasakan oleh ibu hamil pasca vaksinasi Covid-19. 

TRIBUNPAPUABARAT.COM - Ibu hamil disarankan untuk tetap mendapatkan suntikan vaksin Covid-19 demi mencegah penularan Virus Corona.

Saat ini, Perhimpunan Obestetri dan Ginekologi Indonesia (POGI) telah memberikan rekomendasi bahwa pemberian vaksin Covid-19 aman diberikan pada ibu hamil.

Dokter Spesialis Kebidanan dan Kandungan Primaya Hospital Sukabumi, dr Michelle Angelina M.Biomed SpOG mengatakan, seluruh vaksin Covid-19 yang beredar saat ini, baik yang versifat inactivated, mRNA, virus vector seperti Sinovac, AstraZeneca, Moderna, Pfizer, Sinopharm dan Johnson & Johsnson, aman dan dapat digunakan oleh ibu hamil.

Vaksinasi Covid-19 pada ibu hamil sudah dilakukan uji observasi sebelumnya pada 35.000 ibu hamil di berbagai negara.

Dari hasil uji observasi tersebut tidak ditemukan dampak buruk vaksinasi pada ibu hamil tersebut.

Baca juga: Daftar Vaksin Covid-19 yang Dapat EUA dari BPOM, dari Sinovac hingga Sputnik V

"Vaksinasi Covid-19 diharapkan dapat melindungi kelompok ibu hamil dari infeksi Covid-19. Meskipun tidak dapat mencegah, namun jika ibu hamil terkena Covid-19 diharapkan gejala yang dialami akan lebih ringan. Risiko perburukan juga akan semakin rendah pascavaksinasi Covid-19," jelas Michelle dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Minggu (8/8/2021).

Dokter Spesialis Kebidanan dan Kandungan Primaya Hospital Bhakti Wara, dr Idries Tirtahusada SpOG mengatakan, efektivitas vaksin, baik terhadap ibu hamil maupun yang tidak hamil, tentu tergantung dengan jenis vaksin yang diberikan.

Sesuai dengan penelitian yang sudah dilakukan sebelumnya, efektivitas vaksin semuanya rata-rata berada di atas 65 persen," jelas Idries.

Efek Samping Vaksinasi Covid-19 pada Ibu Hamil

Michelle menjelaskan, setelah mendapatkan suntikkan vaksinasi Covid-19, maka ibu hamil harus memperhatikan efek samping yang mungkin dirasakan.

Halaman
12
Editor: Astini Mega Sari
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved