Perekaman KTP Elektronik di Manokwari Mencapai 87,8 Persen

Perekaman KTP Elektronik di Manokwari Mencapai 87,8 Persen jumlah penduduk Manokwari yang wajib miliki KTP elektronik sebanyak 138 ribu lebih penduduk

F. Weking/Papuabarat.com
E-KTP- Kepala Disdukcapil Manokwari, Rustam Efendi saat ditemui awak media di ruang kerjanya, Kamis (8/9/2022). 

TRIBUNPAPUABARAT.COM, MANOKWARI – Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Manokwari, Provinsi Papua Barat melaporkan, perekaman Kartu Tanda Penduduk (KTP) elektronik di wilayah setempat sudah mencapai 87,8 persen.

"Pencapaian sampai sekarang sudah bagus, tapi Manokwari masih kalah dengan Kabupaten Fakfak," ungkap Kepala Disdukcapil Manokwari, Rustam Efendi saat ditemui awak media di ruang kerjanya, Kamis (8/9/2022).

Ia menjelaskan, berdasarkan Sistem Informasi Administrasi Kependudukan (SIAK) Direktorat Jenderal Dukcapil, jumlah penduduk Manokwari yang wajib miliki KTP elektronik sebanyak 138 ribu lebih penduduk.

Baca juga: Semester I Disdukcapil Manokwari Terbitkan 24 Ribu KIA, Tertinggi se Papua Barat

Baca juga: Tayang Hari ini, Film Taklukan Mimpi Mengangkat Kisah Perjuangan Anak Papua yang Ingin Jadi TNI-AD

Dari jumlah itu, 120 ribu lebih penduduk sudah melakukan perekaman KTP elektronik. Sehingga, masih terdapat 18 ribu penduduk yang belum merekam.

"Selama semester I, ada 4 ribu lebih penduduk yang lakukan perekaman baru," kata Rustam Efendi

Disdukcapil, sambung dia, masif melakukan perekaman data kependudukan dengan sistem jemput bola ke sembilan distrik di Manokwari.

Meliputi Distrik Manokwari Barat, Manokwari Timur, Manokwari Selatan, Manokwari Utara, Masni, Prafi, Sidey, Tanah Rubuh dan Warmare.

Pola ini dinilai mampu menjangkau masyarakat yang selama ini kesulitan mengurus data kependudukan di Kantor Disdukcapil.

"Yang pro aktif ke kantor urus data kependudukan, hanya warga yang membutuhkan. Jadi kami jemput bola," tutur Rustam Efendi.

Ia melanjutkan, pola jemput bola merupakan strategi Disdukcapil agar masyarakat wajib KTP bisa menyalurkan hak suaranya saat pemilu 2024.

Halaman
123
  • Ikuti kami di
    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved