PUPR Papua Barat Mulai Pembangunan Embung di Kota Sorong Tahun Depan, Anggaran Rp 21 Miliar

Plt Kepala Dinas PUPR Papua Barat, Yohanis Momot, mengatakan lokasi pembangunan embung terletak di belakang PLTD Kota Sorong

Penulis: Fransiskus Salu Weking | Editor: Tarsisius M
TRIBUNPAPUABARAT.COM/F. WEKING
KOLAM RETENSI - Plt Kepala Dinas PUPR Papua Barat, Yohanis Momot, saat diwawancara oleh sejumlah awak media di Manokwari, Senin (5/12/2022). Ia mengatakan pembangunan embung atau kolam retensi di Kota Sorong dimulai tahun depan. 

TRIBUNPAPUABARAT.COM, MANOKWARI - Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR)  Papua Barat memastikan pembangunan embung atau kolam retensi di Kota Sorong dimulai tahun 2023.

Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas PUPR Papua Barat, Yohanis Momot, mengatakan lokasi pembangunan embung terletak di belakang Pembangkit Listrik Tenaga Diesel (PLTD) Kota Sorong.

Embung tersebut bertujuan untuk mencegah terjadinya banjir akibat curah hujan yang tinggi.

Setelah terbangun, embung dimanfaatkan sebagai wadah penampungan air hujan mulai dari belakang Bandara DEO Sorong hingga Kilometer 10.

"Itu jangka panjang supaya ketika banjir bisa ditampung, nanti air laut surut kita buang ke laut," kata Yohanis Momot di Manokwari, Senin (5/12/2022).

Baca juga: PUPR Papua Barat Target Ubah Wajah Manokwari, Proyek Infrastruktur Tahun Depan Rampung

Anggaran pembangunan embung diproyeksi mencapai Rp 21 miliar bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) 2023.

Kapasitas embung itu kurang lebih 260 ribu meter sehingga mampu mengurangi potensi banjir yang kerap terjadi di Kota Sorong.

"Sumber anggaran 100 persen dari APBD Provinsi Papua Barat," kata Yohanis Momot.

Ia optimistis rencana pembangunan embung akan direalisasikan tanpa hambatan karena Pemerintah Kota Sorong beserta masyarakat telah memberikan dukungan penuh.

"Dukungan masyarakat sangat penting," pungkas Yohanis Momot.(*)

Baca juga: PUPR Papua Barat Ingin Sulap Manokwari, Siapkan Proyek Besar-besaran untuk Ubah Ibu Kota

 

 

  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved