Kondisi Terkini Yapen Papua Pasca Baku Tembak KKB dengan Polisi, Tegaskan Selidiki Kasus

Update kondisi terkini, Rabu (14/12/2022) malam WIT, Kabupaten Kepulauan Yapen, Papua disampaikan Kabid Humas Polda Papua, Kombes Pol Ahmad Musthofa

Penulis: Marvin Raubaba | Editor: Haryanto
IST/DOK/POLRES YAPEN
LOKASI - Aparat Polres Kepulauan Yapen, saat tiba dilokasi kejadian penembakan di KM 1 Jalan Trans Yapen Saubeba-Angkaisera, Selasa (13/12/2022) sekira pukul 12.20 WIT. 

TRIBUNPAPUABARAT.COM, MANOKWARI - Update kondisi terkini, Rabu (14/12/2022) malam WIT, Kabupaten Kepulauan Yapen, Papua disampaikan Kepala Bidang Hubungan Masyarakat (Kabid Humas) Polda Papua, Kombes Pol Ahmad Musthofa Kamal cukup kondusif.

Namun, ucapnya, Kapolres dan seluruh anggota tetap melakukan kegiatan-kegiatan preventif.

Pihaknya memastikan kasus kontak tembak ini sedang diselidiki oleh Polres Kepulauan Yapen.

“Mudah-mudahan Yapen saat ini, dan ke depan lebih kondusif, karena korban dari peristiwa tersebut merupakan warga asli Yapen,” ungkapnya.

Baca juga: Asal Mula dan Kronologi KKB Baku Tembak dengan Polisi Tewaskan Satu Warga di Yapen Papua

Diketahui, Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) lakukan penembakan kepada aparat keamanan saat akan membuka pemalangan jalan di KM 1 Jalan Trans Yapen Saubeba-Angkaisera, Selasa (13/12/2022) sekira pukul 12.20 WIT.

"Benar kejadian itu terjadi pada Selasa siang, saat anggota menerima laporan dari masyarakat bahwa terjadi pemalangan jalan di Pertigaan Saubeba Kampung Tindaret Distrik Yapen Utara Kabupaten Kepulauan Yapen," kata Kombes Kamal, melalui keterangan pers yang diterima Tribunpapuabarat.com.

Setelah anggota menerima laporan itu, Kabag Ops Polres Kepulauan Yapen langsung mengumpulkan anggota untuk membuka dan membersihkan pemalangan jalan.

Sekitar pukul 12.20 WIT, anggota tiba di KM 1 Jalan Trans Yapen Saubeba-Angkaisera namun terhalang oleh dua batang kayu yang dipasang di tengah jalan.

“Pada saat hendak membuka palang tersebut KKB melakukan tembakan dari bukit ke arah anggota yang berada di TKP,” terangnya.

“Akhirnya terjadi kontak tembak, sembari anggota mencari posisi yang aman dan memperhatikan pelaku penembakan yang berada di ketinggian,” ujarnya.

Baca juga: Kontak Senjata KKB dan Polri di Kepulauan Yapen, Satu Warga Sipil Meninggal Dunia

Dikatakan, aparat juga diserang dengan bom molotov.

Setelah kurang lebih 1 jam kontak tembak, anggota kemudian mencari signal untuk meminta bantuan ke Polres Kepulauan Yapen.

“Setelah bantuan tiba anggota kembali melakukan penyisiran di lokasi penembakan, namun pelaku penembakan telah meninggalkan lokasi kejadian,” tuturnya.

Namun, kata Kamal, KKB melakukan pembakaran terhadap dua unit kendaraan milik Polres Kepulauan Yapen yang dibawa saat akan membersihkan lokasi pemalangan.

Halaman
12
  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved