Kapolda Papua Barat: Pengukuhan Polresta Manokwari dan Sorong Kota Dalam Waktu Dekat

"Peresmian Polresta Manokwari dan Sorong Kota dilakukan dalam waktu dekat," kata Irjen Pol Daniel Tahi Monang Silitonga

Penulis: redaksi | Editor: Fransiskus Salu Weking
TRIBUNPAPUABARAT.COM/F. WEKING
SERTIJAB - Kapolda Papua Barat, Irjen Pol Daniel Tahi Monang Silitonga bersalaman dengan AKBP Herman Gultom Parasian usai upacara serah terima jabatan di Arfak Convention Center Mapolda, Kamis (5/1/2023). 

TRIBUNPAPUABARAT.COM, MANOKWARI - Dua kepolisian resor (Polres) di wilayah hukum Polda Papua Barat telah memperoleh peningkatan status dari tipe D menjadi tipe C atau kepolisian resor kota (Polresta) yaitu Polresta Manokwari dan Polresta Sorong Kota.

Kepala Polda Papua Barat, Irjen Pol Daniel Tahi Monang Silitonga mengatakan, pengukuhan dua Polresta akan dilakukan dalam waktu dekat.

Nantinya, dua Polresta tersebut dipimpin oleh Kapolres berpangkat Komisaris Besar Polisi (Kombes Pol).

"Peresmian Polresta Manokwari dan Sorong Kota dilakukan dalam waktu dekat," kata Irjen Pol Daniel Tahi Monang Silitonga kepada sejumlah awak media di Manokwari, Kamis (5/1/2023).

Baca juga: Polda Papua Barat Gelar Upacara Sertijab PJU dan Kapolres, Berikut Daftar Pejabat yang Baru Dilantik

Baca juga: Ini Pesan Kapolda Papua Barat untuk PJU dan Kapolresta yang Baru Dilantik

Peningkatan status dari Mabes Polri, sambung dia, seiring dengan beban kerja yang terus mengalami peningkatan baik di Kota Sorong, Papua Barat Daya maupun Manokwari sebagai ibu kota Provinsi Papua Barat.

Oleh sebabnya, peningkatan status perlu diimbangi dengan jumlah personil dan anggaran demi mendukung kebutuhan operasional Polresta Manokwari dan Polresta Sorong Kota.

"Acara pelantikan nanti diselenggarakan di masing-masing daerah. Peningkatan tipe ini berkaitan dengan beban kerja," jelas Irjen Pol Daniel Tahi Monang Silitonga.

Baca juga: Perayaan Natal 2022 di Papua Barat Kondusif, Kapolda: Peran Aktif Masyarakat

Baca juga: Kapolda Papua Barat Sebut Satgas Pangan 24 Jam Pantau Kestabilan Harga Bapok

Ia mengakui bahwa, data kriminalitas konvensional yang terjadi di wilayah hukum Polda Papua Barat berasal dari Polresta Manokwari dan Polresta Sorong.

Nantinya Kapolresta baik Manokwari maupun Sorong Kota perlu menciptakan program inovasi demi menekan angka kriminalitas yang terjadi selama ini.

"Pekerjaan-pekarjaan itu terus meningkat. Data kriminalitas, data gangguan keamanan, dan data kecelakaan lalu lintas paling banyak di dua polres ini," tutur Irjen Pol Daniel Tahi Monang Silitonga.

Baca juga: Kapolda Papua Barat Akui ada Kasus Korupsi yang Belum Tuntas: 2023 Saya Perbaiki

Baca juga: Kapolda Papua Barat Ungkap Gerilyawan TPNPB Berkamuflase di Maybrat: Kita Tangkap Hidup atau Mati

Sebagai informasi, jabatan Kapolresta Manokwari diemban oleh¬†AKBP RB Simangunsong menggantikan AKBP Parasian Herman Gultom yang dimutasi ke Bareskrim Polri.

Sedangkan jabatan Kapolresta Sorong Kota dipercayakan kepada Kombes Pol Happy Perdana Yudianto menggantikan AKBP Johanes Kindangen yang dimutasi dalam jabatan baru sebagai Irbid Itwasda di Polda Sulawesi Utara.

Serah terima jabatan dua Kapolresta ini dilakukan bersamaan dengan sejumlah PJU Polda Papua Barat dan Kapolres lainnya, pada Kamis (5/1/2023) pagi.

Upacara serah terima berlangsung di Arfak Convention Center dan dipimpin oleh Kapolda Papua Barat, Irjen Pol Daniel Tahi Monang Silitonga.(*)

Ikuti kami di

AA
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved