Breaking News:

Morfologi Burungbuah Satin yang Ditemukan di Papua Barat, Ini yang Jadi Ciri Khasnya

Burung Berrypecker jenis baru yang ditemukan di Pegunungan Kumawa, Papua Barat ternyata memiliki banyak keunikan dari ciri tubuhnya.

Humas LIPI
Melanocharis citreola, sp. nov. Milá, Ashari & Thébaud, atau Burungbuah Satin. 

TRIBUNPAPUABARAT.COM - Burung Berrypecker jenis baru yang ditemukan di Pegunungan Kumawa, Papua Barat ternyata memiliki banyak keunikan dari ciri tubuhnya.

Penemuan ini dilaporkan telah dipublikasikan di jurnal ilmiah IBIS, pada 11 Juni 2021.

Burung jenis baru berrypecker tersebut diberi nama Melanocharis citreola, sp. nov. Milá, Ashari & Thébaud.

Baca juga: Burung Berrypecker Jenis Baru Ditemukan di Pegunungan Kumawa Papua Barat, Ini Proses Penemuannya

Peneliti Pusat Peneltitian Biologi Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Hidayat Azhari mengatakan, nama Inggris dari burung tersebut adalah Satin Berrypecker dan nama Indonesia dari spesies baru ini adalah Burung Buah Satin.

Penemuan burung ini merupakan hasil dari Lengguru Project yang merupakan kerja sama antara Indonesia dan Perancis, yang dilakukan dua kali, yaitu pada tahun 2014 dan 2017.

Proyek penelitian jenis baru burung Berrypecker dari Papua Barat ini masuk dalam kerangka besar Lengguru Project yang diselenggarakan oleh French Institute de Recherche pour le Développement (IRD), Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Universitas Papua (UNIPA), Universitas Cendrawasih (UNCEN), Universitas Musamus (UNMUS) dan Politeknik KP Sorong.

Adapun selain Hidayat yang berasal dari Indonesia, tim peneliti lainnya adalah Borja Milá, Jade Bruxaux, Guillermo Friis, Katerina Sam, Christophe Thébaud (Perancis).

Hidayat menceritakan, penemuan terakhir jenis baru burung di Papua adalah burung Melipotes Foja (Melipotes carolae) pada 2007.

"Sehingga ditemukannya jenis baru Berrypecker sebagai salah satu dari enam jenis baru burung yang ditemukan di dunia pada kurun waktu 2021 merupakan hal yang sangat menggembirakan,” ungkapnya.

Baca juga: Jenis Burung Berrypecker Baru Ditemukan Peneliti di Papua Barat, LIPI: Penting Dikaji Lebih Lanjut

Morfologi Burung Buah Satin

Halaman
12
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved