Breaking News:

Vaksinasi Covid19

Hasil Penelitian Sebut Vaksin Moderna, Pfizer, dan Janssen Efektif Cegah Covid-19 Varian Delta

Studi baru menunjukkan vaksin Pfizer, Moderna dan Johnson & Johnson atau Janssen, terbukti efektif terhadap Covid-19 varian Delta.

AFP/Fred Tanneau
Dalam arsip foto yang diambil pada 29 Juni 2021, seorang petugas medis memegang botol vaksin Moderna Covid-19 di Quimper, Prancis barat. Pengawas obat-obatan Eropa pada 23 Juli 2021, telah menyetujui penggunaan vaksin anti-coronavirus Moderna untuk anak-anak berusia 12 hingga 17 tahun, menjadikannya vaksin kedua bagi remaja untuk digunakan di benua itu. 

TRIBUNPAPUABARAT.COM - Studi baru menunjukkan vaksin Pfizer, Moderna dan Johnson & Johnson atau Janssen, terbukti efektif terhadap Covid-19 varian Delta.

Berdasarkan data dari sebuah studi nasional menunjukkan efektivitas vaksin-vaksin Covid-19 ini dapat mencegah rawat inap dan perawatan di unit gawat darurat yang diakibatkan oleh penularan varian Delta.

Menurut penulis studi Shaun Grannis, dari Regenstrief Institute, data dunia nyata ini menunjukkan bahwa vaksin tetap sangat efektif dalam mengurangi rawat inap terkait Covid-19 dan kunjungan ke unit gawat darurat, bahkan dengan adanya varian Covid-19 baru, yakni varian Delta.

"Kami sangat merekomendasikan vaksinasi untuk semua orang yang memenuhi syarat untuk mengurangi penyakit serius dan meringankan beban sistem perawatan kesehatan," imbuh Grannis yang juga profesor kedokteran di Fakultas Kedokteran Universitas Indiana.

Baca juga: Daftar 5 Vaksin Covid-19 yang Diklaim Miliki Efikasi Tertinggi di Dunia, Ada Pfizer hingga Moderna

Seorang petugas kesehatan angkatan darat menunjukkan botol vaksin Pfizer-BioNTech untuk melawan virus corona Covid-19 di Kolombo pada 7 Juli 2021.
Seorang petugas kesehatan angkatan darat menunjukkan botol vaksin Pfizer-BioNTech untuk melawan virus corona Covid-19 di Kolombo pada 7 Juli 2021. (AFP/ISHARA S KODIKARA)

Dilansir dari Medical Xpress, Senin (13/9/2021), VISION Network CDC telah menganalisis lebih dari 32.000 pertemuan medis dari sembilan negara bagian selama Juni, Juli dan Agustus 2021.

Periode-periode tersebut merupakan saat di mana varian Delta menjadi varian virus corona dominan yang menyebar di seluruh Amerika.

Vaksinasi di Amerika Serikat telah menggunakan vaksin Covid-19 Pfizer, Moderna dan Janssen dari Johnson & Johnson. Studi pun menunjukkan efektivitas ketiga vaksin Covid-19 tersebut. 

Hasil penelitian mereka menunjukkan bahwa orang yang tidak divaksinasi, setidaknya lima hingga tujuh kali lebih mungkin membutuhkan perawatan intensif di IGD atau rawat inap di rumah sakit.

Studi ini dilaporkan juga dalam Morbidity and Mortality Weekly Report, yang juga merupakan analisis pertama dari VISION Network.

Baca juga: Hasil Studi Sebut Orang yang Tak Divaksin akan 11 Kali Lebih Mungkin Meninggal karena Covid-19

Data studi ini juga menunjukkan perbedaan yang mencolok antara efektivitas vaksin mRNA, yakni vaksin Pfizer dan Moderna, selama periode studi ini dilakukan.

Halaman
12
Editor: Astini Mega Sari
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved