Keunikan Raja Ampat yang Bisa Dinikmati Wisatawan, Ada Pasir Timbul di Tengah Laut

Hal unik di Raja Ampat, adanya pemandangan objek Pulau Pasir Timbul di "tengah" laut, bukan di pinggir pantai.

Tribun-Video.com/ Fajri Digit
Potret Pulau Pasir Timbul Raja Ampat, Sorong, Papua Barat, dari udara, Minggu (3/3/2022). Pulau ini muncul saat air lait surut, sehari tiga kali selama 30 menit. 

TRIBUNPAPUABARAT.COM - Hal unik di Raja Ampat, adanya pemandangan objek Pulau Pasir Timbul di "tengah" laut, bukan di pinggir pantai.

Kami bersama para wisatawan yang berada di atas speadboat, heran melihat orang-orang berlarian di hamparan pasir putih di tengah laut.

Kami yang masih berada di kapal rasanya ingin cepat-cepat sampai. Semua sudah berada di pinggir speedboat, siap turun.

Akhirnya kami tiba di Pulau Pasir Timbul Raja Ampat, Papua Barat, Minggu 3 Juli 2022. Hamparan pasir yang memang benar berada agak ke tengah lautan.

Baca juga: Simak Sejarah Raja Ampat di Papua Barat yang Kental dengan Legenda Penemuan 7 Telur dan Gua Hantu

Kami semua turun dan berlarian. Bahkan seorang wanita tampak asyik berjoget dan sang suami merekam aksinya dengan ponsel. Semua wisatawan sibuk mengabadikan momen dengan ponsel, kamera, dan drone.

Kami tiba sekira pukul 15.00 WIT. Waktu di mana air surut, dan pasir putih ini benar-benar seperti muncul.

Menurut pemandu wisata kami, Rendy, Pulau Pasir Timbul muncul tiga kali dalam satu hari. Yaitu pukul 06.00 WIT, 11.00 WIT dan 15.00 WIT, masing-masing sekitar 30 menit. Tepatnya saat air laut surut.

Yang lebih menarik lagi, di ujung Pulau Pasir Timbul ini terdapat pulau kecil menyerupai roti, hingga disebut Pulau Roti.

Sebelum ke Pulau Pasir Timbul, kami sempat ke lokasi wisata lain di Raja Ampat yang juga tak kalah indah. Yakni Piaynemo, Telaga Bintang, Arborek, dan Sauwandarek.

Kami memulai perjalanan dari Kota Sorong menggunakan speedboat sejak pukul 08.00 WIT. Pulau Pasir Timbul menjadi destinasi terakhir kami dalam trip seharian di Pulau Raja Ampat.

Potret Pulau Pasir Timbul Raja Ampat, Sorong, Papua Barat, dari udara, Minggu (3/3/2022). Pulau ini muncul saat air lait surut, sehari tiga kali selama 30 menit.
Potret Pulau Pasir Timbul Raja Ampat, Sorong, Papua Barat, dari udara, Minggu (3/3/2022). Pulau ini muncul saat air lait surut, sehari tiga kali selama 30 menit. ((Tribun-Video.com/ Fajri Digit))
Halaman
12
  • Ikuti kami di
    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved