Cinderamata Kalung Khas Raja Ampat Papua Barat, Diukir dari Bambu hingga Kerang Mutiara

Kepulauan Piaynemo, Kabupaten Raja Ampat, Papua Barat, bukan hanya kaya akan gugusan pulau yang tersusun rapih nan pesona.

TribunPapuaBarat.com/Safwan Ashari
Cinderamata kalung yang dibuat langsung oleh warga dan dijual di Pulau Piaynemo, Kabupaten Raja Ampat, Papua Barat, Sabtu (13/8/2022). 

TRIBUNPAPUABARAT.COM, RAJA AMPAT - Kepulauan Piaynemo, Kabupaten Raja Ampat, Papua Barat, bukan hanya kaya akan gugusan pulau yang tersusun rapih nan pesona.

Pulau yang dijuluki sebagai surga kecil jatuh ke bumi itu pun memiliki sejumlah keunikan seperti masyarakat yang pandai dalam dunia seni.

Warga di sekitar Pulau Piaynemo pandai dalam mengukir hingga membuat kalung yang cukup istimewa.

Baca juga: Wisata Papua Barat-Resort Mewah di Raja Ampat, Sodorkan Pemandangan Eksotis, Harganya Fantastis

 

Kalung-kalung itu, kemudian dijual sebagai cinderamata atau oleh-oleh dari tempat wisata yang telah dikenal di seantero dunia itu.

Seorang pedagang cindera mata di Piaynemo Selfi Mayor (40) mengatakan, kalung yang dijual di Piaynemo semuanya berasal dari karya lokal.

"Suami saya membuat kalung itu ada yang diukir dari bambu, kulit kerang hingga kerang mutiara," ujar Selfi, kepada TribunPapuaBarat.com, Sabtu (13/8/2022).

Kerajinan itu mulai dari mainan kalung dengan ukiran kepala orang, abstrak dan bahkan ikan pari manta yang kini jadi ikon Raja Ampat.

"Untuk ukuran krang mutiara sendiri dibuat bentuknya seperti ikan pari manta," tuturnya.

Untuk oleh-oleh Raja Ampat dijual per kalung seharga Rp 100 ribu.

Baca juga: Cara Menuju Lokasi Wisata Raja Ampat di Papua Barat dan Estimasi Biayanya, Simak Harga Paket Turnya

"Semua jenis ukiran seperti kalung dari bambu, kulit krang hingga krang mutiara semuanya di jual per buah Rp 100 ribu," kata Selfi.

Jika pengunjung membludak, maka kalung itu bisa laku dijual lima hingga sepuluh.

Dari hasil penjualan itu, ia gunakan untuk menyekolahkan anak yang sedang mengenyam pendidikan di bangku SMA dan kuliah.(*)

Berita terkait lainnya

  • Ikuti kami di
    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved