Setelah 40 Tahun Hidup Bersama, Amos Emaury Akhirnya Bisa Resmi Nikahi Rabeka Manufando

Setelah 40 Tahun Hidup Bersama, Amos Emaury Akhirnya Bisa Resmi Nikahi Rabeka Manufando, mereka sudah punya 9 anak dan 5 cucu

Penulis: Petrus Bolly Lamak | Editor: Jefri Susetio
TRIBUNPAPUABARAT.COM/Petrus Bolly Lamak
NIKAH MASAL - Amos Emaury bersama Rabeka Manufando istrinnya resmi menikah setelah 40 tahun menikah, mereka jadi peserta nikah 

TRIBUNPAPUABARAT.COM, SORONG - KISAH cinta Amos Emaury bersama Rabeka Manufando istrinnya tidak berbelit-belit. Tak ada masalah gengsi apalagi mempersoalkan latar belakang.

Asal hati sudah cocok, mereka hidup bersama meski belum resmi tercatat di gereja dan administrasi kependudukan.

Sejoli ini menjadi perhatian di acara nikah masal yang digelar Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Kota Sorong.

Baca juga: Memperingati Hari Dharma Karyadika (HDKD), Menkumham Ingatkan 6 Poin yang Harus Disikapi Jajarannya

Baca juga: Dinas PPPA Gelar Nikah Masal, Wali Kota Sorong: Langgeng Sampai Oma Opa

Dari puluhan pasangan yang ikut nikah masal, mereka tertua. Amos Emaury baru bisa berlangsung pernikahan saat usianya sudah 60 tahun.

"Kebiasaan kita di Papua ini, nikah harus buat acara. Sedangkan harga sewa pakaian, gedung dan makan minum ini mahal. Total kalau kita buat acara nikah ini bisa mencapai Rp 30 sampai Rp 40 juta. Itu paling sederhana," ujarnya kepada TribunPapuaBarat.com, Jumat (19/8/2022).

Sebelum ikut nikah masal, Amos bersama Emaury 40 tahun hidup bersama. Kini, mereka sudah punya sembilan anak dan lima orang cucu.

Adapun hambatan utama Amos dan Emaury menikah secara resmi di gereja dan tercatat di Disdukcapil karena biaya.

Pekerjaannya sebagai buruh tidak sanggup untuk membiayai pernikahan mereka. Bagi mereka terpenting bisa terus bersama.

"Kita kalau kasih keluar uang banyak begitu terus bagaimana dengan biaya pendidikan anak-anak. Belum lagi biaya kehidupan ekonomi keluarga," katanya.

Ia bilang selama 20 tahun bekerja sebagai buruh di pelabuhan. Penghasilannya sebagai buruh hanya cukup untuk biaya hidup.

Halaman
123
  • Ikuti kami di
    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved