Kontraktor OAP Sorong Raya Pertanyakan Kesepakatan Pembagian Proyek dari PUPR Papua Barat

"Kami mohon penjelasan dari Pak Kadis (PUPR Papua Barat), kenapa bagian kami ditarik ke Manokwari Raya. Kami juga OAP," kata Julianus Ijie.

Penulis: Fransiskus Salu Weking | Editor: Tarsisius M
TRIBUNPAPUBARAT.COM/F WEKING
KONTRAKTOR- Sejumlah kontraktor dari wilayah Sorong Raya foto bersama setelah konferensi pers di Manokwari, Rabu (21/9/2022). Mereka meminta agar Dinas PUPR Papua Barat mengembalikan nilai paket pekerjaan penunjukan langsung Rp 6 miliar sesuai kesepakatan awal. 

Laporan wartawan Tribunpapuabarat.com, Fransiskus Salu Weking

TRIBUNPAPUABARAT.COM, MANOKWARI- Sejumlah kontraktor orang asli Papua (OAP) dari wilayah Sorong Raya mempertanyakan nilai paket proyek penunjukan langsung yang tidak direalisasikan sesuai kesepakatan.

Koordinator Umum Sorong Raya, Julianus Ijie, mengatakan nilai paket pekerjaan penunjukan langsung mencapai Rp 25 miliar dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Induk 2022 Provinsi Papua Barat.

Paket itu sudah dibagi bagian oleh Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Papua Barat, yaitu paket pekerjaan Manokwari Raya Rp 17 miliar dan Sorong Raya Rp 8 miliar.

Menurut Julianus Ijie, kesepakatan itu tidak ditepati lantaran Dinas PUPR menarik Rp 6 miliar ke Manokwari Raya.

"Sampai sekarang kami dari Sorong Raya hanya menerima Rp 2 miliar. Padahal sudah dibagi dan kami pertanyakan ini ke dinas," kata Julianus Ijie saat ditemui awak media di Manokwari, Rabu (21/9/2022).

Ia mengatakan Plt Kepala Dinas PUPR Papua Barat, Yohanis Momot, harus menjelaskan tentang penarikan bagian kontraktor Sorong Raya ke Manokwari Raya.

Baca juga: PUPR Papua Barat Mulai Kerahkan Alat Berat Bongkar Drainase Tertutup di Kota Sorong

Persoalan ini, ucapnya, merupakan bentuk ketidakadilan terhadap sejumlah kontraktor dari Sorong Raya.

"Kami mohon penjelasan dari Pak Kadis, kenapa bagian kami ditarik ke Manokwari Raya. Kami juga OAP," kata Julianus Ijie.

Ia menduga ada pihak eksternal mengintervensi kebijakan Dinas PUPR untuk mengalihkan nilai paket pekerjaan yang menjadi bagian kontraktor Sorong Raya.

Halaman
123
  • Baca Juga
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved