Bimtek Pengelolaan Laboratorium, Dekan Faperta Unipa: Kita Harus Berkolaborasi sebagai Mitra Kerja

Dekan Fakultas Pertanian Unipa, Obadja Fenetiruma mengapresiasi Bimbingan Teknis (Bimtek) Pengelolaan Laboratorium Berbasis Standar Pelayanan.

Penulis: Infak Insaswar Mayor | Editor: Haryanto
TRIBUNPAPUABARAT.COM/INFAK MAYOR
MEDIA INFORMASI - Kepala Balai Perbenihan dan Proteksi Tanaman Perkebunan (BPPTP) Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan DTPHP Provinsi Papua Barat, Charles Jembise menyerahkan media informasi kepada Dekan Fakultas Pertanian (Faperta) Unipa, Obadja Fenetiruma, Kamis (24/11/2022). 

TRIBUNPAPUABARAT.COM, MANOKWARI - Dekan Fakultas Pertanian (Faperta) Universitas Papua (Unipa), Manokwari, Papua Barat, Obadja Fenetiruma mengapresiasi Bimbingan Teknis (Bimtek) Pengelolaan Laboratorium Berbasis Standar Pelayanan.

Bimtek ini diselenggarakan Faperta Unipa bekerjasama dengan Balai Perbenihan dan Proteksi Tanaman Perkebunan (BPPTP) Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan (DTPHP) Provinsi Papua Barat, Jumat (24/11/2022).

"Sudah seharusnya kita berkolaborasi sebagai mitra kerja," kata Obadja Fenetiruma.

Baca juga: Balai Perbenihan dan Proteksi Tanaman Perkebunan Papua Barat Gelar Bimbek Pengelolaan Laboratorium

Ia menilai, dukungan dalam bentuk kerjasama dengan BPPTP dapat dimanfaatkan menjadi media belajar bagi mahasiswa Faperta dalam kurikulum merdeka belajar.

Sebab, dikatakan, laboratorium BPPTP sudah lebih tersedia fasilitas pendukung, sehingga perlu keterlibatan tidak hanya mahasiswa tetapi dosen dan staf pertanian.

"Di waktu yang akan datang, kita bisa lakukan riset bersama," tutur dia.

Baca juga: Pemprov Data Semua Lahan Tidur yang Bisa Jadi Lahan Pertanian di Papua Barat

Dikatakan, kolaborasi ini diperlukan untuk menjawab sumber daya manusia (SDM) yang bermutu dalam pengelolaan laboratorium yang efektif dan optimal.

Selain itu, dikatakan, ini dapat menggenjot akreditasi fakultas.

Laboratorium balai dikatakan, dapat menjadi rekomendasi bagi Faperta untuk memperkuat kelembagaan.

“Sebab, salah satu yang menjadi acuan penilaian adalah laboratorium. Fakultas Pertanian harus punya kerja sama dengan laboraturium lain yang memiliki fasilitas lebih baik,” pesannya.

Baca juga: Mentan Sebut 5 Strategi Pembangunan Pertanian di Papua Barat, Termasuk Perluasan Lahan

Kepala BPPTP DTPHP Papua Barat, Charles Jembise menjelaskan, selain mengadakan Bimtek, pihaknya juga memberikan majalah media informasi terkait balai.

"Ini media informasi kita semoga bisa jadi acuan kerjasama ke depan," pungkasnya. (*)

 

  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved